March 1, 2021
BALI

Danrem 163 Wira Satya Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrem dan Bencana Alam

LiterasiPost.com, Denpasar –
Dalam beberapa hari belakangan ini terjadi hujan dengan intensitas (curah) cukup tinggi disertai angin kencang yang mengakibatkan bencana alam di sejumlah tempat di Bali.

“Kita memonitor dari laporan yang ada terkait terjadinya bencana alam seperti banjir atau tanah longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah di Bali,” kata Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Senin (8/2/2021) di Denpasar.

BACA JUGA :  Danrem 163/Wira Satya Sebut Pertanian Jadi Solusi di Masa Pandemi

Seperti banjir di beberapa titik lokasi Kota Denpasar. Kemudian terjadinya tanah longsor di Bangli, Karangasem, Buleleng, Gianyar dan beberapa tempat lainnya.

Danrem telah memerintahkan seluruh jajaran mulai dari Kodim, Koramil sampai Babinsa untuk senantiasa memonitor kondisi wilayah karena cuaca ekstrem dan bencana alam yang terjadi.

Dalam pelaksanaan di lapangan diharapkan senantiasa berkoordinasi, berkomunikasi dan bersinergi dengan aparat lainnya seperti Kepolisian, BPBD, instansi pemerintah dan masyarakat dalam menangani bencana serta untuk dapat saling mengingatkan bila ada tanda-tanda cuaca tidak bagus dan berpotensi terjadinya bencana alam.

BACA JUGA :  Masa PPKM, Jumlah Penumpang Bandara Ngurah Rai "Drop"

“Kita tentunya tidak akan mampu melawan kehendak alam, tetapi kita dapat mengantisipasi dan menyiasati sehingga bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan kerugian berlebih apalagi terjadi korban jiwa,” sebut Danrem.

Danrem meminta seluruh masyarakat untuk memiliki kepekaan serta pemahaman atau pengetahuan tentang peringatan awal seandainya akan terjadi bencana.

Danrem juga berterima kasih dan mengapresiasi kerja satuan jajarannya bersinergi dengan instansi lain dalam menangani bencana alam yang terjadi di wilayah.

Seperti halnya saat terjadi tanah longsor dan menutupi akses jalan, maka seluruh unsur cepat bergerak untuk menormalisasi keadaan. (igp/r)

Related Posts