October 25, 2024
HUKUM & KRIMINAL

Cek Kesiapan Pengamanan Perairan Bali Jelang G20, Kapolda Lakukan Sea Trial Rigid Inflatable Boat

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) forum kerja sama multilateral beranggotakan 19 negara utama dan Unieropa (EU) bertajuk Presidensi G20 sudah tinggal menghitung hari, yang puncaknya pada November 2022 di area ITDC, Nusa Dua, Bali.

Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bali mendapat penambahan kendaraan tactikal operasional berupa 2 unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yang nantinya akan menjadi andalan dalam pengamanan wilayah perairan saat dimulainya pengamanan Presidensi G20 di Bali.

BACA JUGA :  Kapolda Bali Sampaikan Tujuh "Commander Wish"

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., didampingi sebagian besar PJU Polda Bali berkesempatan melaksanakan Sea Trial Rigid Inflatable Boat dalam rangka Kesiapan Pengamanan Perairan Presidensi G20 yang dimulai dari Dermaga Pasiran Pelabuhan Benoa, Denpasar, Jumat (12/8/2022).

Saat melaksanakan Sea Trial, boat melakukan jelajah sepanjang jalur Benoa hingga sepanjang perairan Nusa Dua, Selat Bali. Selanjutnya setelah itu rombongan boat Kapolda kembali menuju jalur perairan dan berlabuh di Serangan.

BACA JUGA :  Rektor UNUD Hadiri Kenal Pamit Kapolda Bali

Kabid Humas Polda Bali, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., menyampaikan kegiatan Sea Trial dengan mempergunakan Rigid Inflatable Boat ini bertujuan untuk memastikan seluruh sistem pengamanan dalam rangka KTT Presidensi G20 nantinya, sekaligus sebagai bentuk uji coba kendaraan taktis Ditpolairud yang baru.

”Sea Trial yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan lokasi perairan sepanjang Selat Bali yang nantinya menjadi area patroli laut polisi perairan yang berkaitan dengan G20, dan sekaligus sebagai bentuk uji coba dua kendaraan taktikal RIB baru yang dimiliki Ditpolairud Polda Bali,” ucapnya. (igp/r)

Related Posts