October 25, 2024
PENDIDIKAN

Sri Sulistiowati Angkat soal Determinan Kesejahteraan Pelaku UMKM Kerajinan Cukli di Kota Mataram pada Ujian Promosi Doktor FEB UNUD

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Pemberdayaan UMKM ditujukan untuk membuat kehidupan pelaku UMKM dapat hidup sejahtera. Untuk dapat mewujudkan kehidupan yang sejahtera, pelaku UMKM kerajinan di Kota Mataram, NTB,  mempunyai banyak keterbatasan sehingga usaha ini belum mampu berkembang secara optimal terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang melanda saat ini. Dari studi-studi pustaka, diketahui bahwa peran pemerintah, kearifan lokal, modal sosial, faktor kontekstual dan kinerja usaha berpengaruh terhadap kesejahteraan pelaku usaha.

BACA JUGA :  Jelang Galungan dan Kuningan, Bupati Suwirta Monitoring Pasar Galiran dan Pasar Seni

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh peran pemerintah, kearifan lokal dan modal sosial terhadap kinerja usaha; pengaruh peran pemerintah, kearifan lokal, modal sosial dan kinerja usaha terhadap kesejahteraan UMKM; menganalisis pengaruh tak langsung peran pemerintah, kearifan lokal dan modal sosial terhadap kesejahteraan pelaku usaha melalui kinerja usaha; serta  faktor kontekstual memoderasi hubungan antara peran pemerintah terhadap kinerja UMKM Kerajinan Cukli di Kota Mataram.

Demikian bahasan dari disertasi promovenda Sri Sulistiowati, S.T., M.E. pada Sidang Promosi Doktor secara offline. Selaku promotor adalah Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E, M.S., serta Kopromotor Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, SE., MS. dan Kopromotor II adalah Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P.

BACA JUGA :  Professor dan Ilmuan Vietnam Academy of Science and Technology Kunjungi FT UNUD

Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Bapak Wakil  Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Bapak Dr.Ida Bagus Putu Purbadharmaja, SE., ME.. Promovenda merupakan seorang Lurah di Kelurahan Mataram Timur. Promovenda berhasil lulus ujian dengan predikat Sangat Memuaskan. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1743-DETERMINAN-KESEJAHTERAAN-PELAKU-UMKM-KERAJINAN-CUKLI-DI-KOTA-MATARAM-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-PROGRAM-STUDI-DOKTOR-ILMU-EKONOMI-FAKULTAS-EKONOMI-DAN-BISNIS-UNIVERSITAS-UDAYANA.html

Related Posts