October 25, 2024
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Enam Pakem “Payas” Pengantin Bali akan Dibakukan pada Rakernas X HARPI Melati

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-10 bertempat di Prime Plaza Hotel, Sanur – Denpasar, pada 31 Oktober hingga 3 November 2022. Rakernas kali ini mengusung tema “Dengan Kreativitas dan Inovasi Tata Rias Pengantin Tradisional, Kita Siapkan SDM yang Kompeten dan Berdaya Saing Tinggi, Menuju Peran dan Kedudukan HARPI Melati sebagai Organisasi Perias Pengantin yang Bermartabat dan Berdaya Guna”.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas X HARPI Melati, RA Kanas Kosasih K, SE, MHt menyampaikan rangkaian Rakernas diawali dengan Prarakernas pada 29-30 Oktober 2022 yang diisi dengan lokakarya dan pembakuan secara nasional terhadap 6 gaya tatarias pengantin khas Bali.

BACA JUGA :  Membanggakan, Miss STIKOM Bali Sumbang Medali Perunggu untuk Bali

“Rakernas di Bali akan dihadiri oleh 29 DPD dan 150 DPC dari 32 DPD HARPI Melati di Indonesia. Sampai saat ini ada sekitar 400 orang yang sudah konfirmasi hadir, mereka sangat antusias untuk datang ke Bali. Pada 31 Oktober adalah opening ceremony dilanjutkan gala dinner. Akan hadir ibu Gubernur Bali, Ketua Umum DPP HARPI Melati serta bapak Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbudristek, dan beliau ingin dikenakan busana adat Bali,” jelas Kanas Kosasih yang juga sebagai Anggota Bidang Pendidikan DPP HARPI Melati dan Ketua LSK Tata Rias Pengantin saat press conference di Kubu Kopi, Denpasar, Sabtu (29/10/2022).

Ditambahkan, Rakernas juga akan diisi dengan show yang ditampilkan oleh DPD Bali serta pelantikan 5 DPD HARPI Melati. Yang menarik akan ada seminar Wonderful Indonesia dengan narasumber yang sedang hits di Indonesia.

BACA JUGA :  Majelis Excellence Dewan Pendidikan Tinggi dan Dirjen Dikti Ristek Luncurkan Buku “Kepemimpinan Menuju Universitas Berkelas Dunia”

Dra. Ni Wayan Sumerthi Pande selaku Ketua DPD HARPI Melati Bali, mengatakan bahwa organisasi HARPI Melati ini sangat berbeda dengan organisasi sejenis lainnya. Karena HARPI Melati lebih menekankan pada pelestarian pakem tatarias pengantin daerah.

Ada 5 pakem tatarias pengantin Bali yang sudah dibakukan, yakni Tatarias Pengantin (TRP) Bali Agung, TRP Bali Madya, TRP Agung Tabanan, TRP Madya Tabanan dan TRP Agung Buleleng. Selanjutnya pada Rakernas kali ini akan dibakukan sebanyak 6 pakem tatarias pengantin Bali, yaitu TRP Ningrat Buleleng, TRP Agra Gianyar, TRP Agra Klungkung, TRP Dirga Jembrana, TRP Gora Bangli, dan TRP Gede Karangasem.

BACA JUGA :  PMM Inbound Angkatan 3 UNUD Ditutup

“Semua diberikan nama yang khas dan berbeda. Terkait apa saja unsur-unsur pelengkap dari ‘payas’ atau tatariasnya, semua termuat di dalam buku yang akan diterbitkan,” kata Sumerthi Pande.

Ni Luh Gede Juli Wirahmini selaku Anggota Dewan Kehormatan DPD HARPI Bali sekaligus Ketua LKP Giri Putri mengatakan pihaknya mensupport sepenuhnya kegiatan Rakernas di Bali ini agar berjalan dengan sukses. (igp)

Related Posts