October 25, 2024
BALI

Peresmian Mobula8, Rotary D3420 Komit Pembersihan Laut Bali Bersama The SeaCleaners

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Rotary melalui areal fokus yang ketujuh, yakni Environmental, turut berkomitmen dalam upaya pembersihan laut Bali dari sampah utamanya sampah plastik. Sebagai wujud komitmennya, District Governor Rotary Lina Soeratman, DGN Suzana dan Rtn Jeni RC Bali Action menghadiri langsung peresmian kapal Mobula8 di Bali Marine Service, Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (20/3/2023).

Rotary menjadi partner dalam sosialisasi program The SeaCleaners di masyarakat yang mencakup edukasi pelestarian lingkungan.

District Governor Rotary, Lina Soeratman tampak hadir pada acara peresmian Mobula8 di Pelabuhan Benoa Bali. (Foto: igp/Literasipost)

I Ketut Sudarwata selaku Field Officer The SeaCleaners Indonesia, mengungkapkan bahwa hari yang berbahagia bagi The SeaCleaners dan masyarakat Bali umumnya karena telah hadir kapal Mobula8 yang akan beroperasi di Bali khususnya sekitaran Pelabuhan Benoa. Kapal ini didesain dengan sistem katamaran, dimana ada paruh lambung di dalam kapal dan di sanalah sampah akan ditarik dan disaring termasuk microplastik-nya.

Contoh proses pengambilan sampah di laut oleh kapal Mobula8. (Foto: igp/Literasipost)

“Laut bagi Umat Hindu sangatlah disucikan, seperti saat ini dalam menyambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu melakukan melasti ke laut dan di sinilah kami percaya bagaimana laut itu disucikan, apalagi Gubernur Bali sangat antusias dalam pelestarian laut, Mobula8 hadir di Bali dengan empat misi, yaitu mengambil sampah di laut, melakukan pemilahan dimanfaatkan dalam sirkular ekonomi, penelitian atau riset dan edukasi di hulu tentang pentingnya untuk menjaga lingkungan dan memilah sampah dari sumbernya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Terharu, Menteri Erick Thohir Tak Sungkan Peluk ODHA yang Mendapat Dukungan PLN

The SeaCleaners dibuat pada tahun 2016 oleh navigator dan penjelajah Prancis-Swiss, Yvan Bourgnon, sebuah LSM yang bertindak melawan polusi plastik, baik di laut maupun di darat, melalui misi korektif dan preventif. Mobula8 akan beroperasi di area Perairan Benoa minimal selama 6 bulan. The SeaCleaners telah berkoordinasi dengan Kemenkomarves RI, Pelindo, KSOP, Tahura Ngurah Rai, DLHK Provinsi Bali dan seluruh mitra untuk bersama-sama memerangi pencemaran limbah di laut.

“Saat ini di Bali akan dilaksanakan perayaan Nyepi, jadi kapal ini akan kita operasikan setelah hari raya tersebut. Sebelumnya kita sudah lakukan demo selama satu minggu terutama untuk kapten dan kru kapal, kita datangkan langsung trainernya dari Prancis untuk mengajarkan bagaimana mengoperasikan kapal ini dan cara mengambil sampahnya di laut,” sebutnya.

President The SeaCleaners, Yvan Bourgnon (tengah) bersama tim dan komunitas saat peresmian Mobula8 di Bali. (Foto: igp/Literasipost)

Peresmian kapal Mebula8 dihadiri langsung oleh President The SeaCleaners Yvan Bourgnon, Kedutaan Prancis, Staf Deputi Menkomarves, DLHK Provinsi Bali dan komunitas, NGO dan masyarakat lokal. (igp)

Related Posts