October 25, 2024
EKONOMI & PERBANKAN

Jembatani Finansial Kandidat Naker ke Luar Negeri, Koperasi Sahabat Kaori Jaya Gandeng Sejumlah BPR di Bali

LITERASIPOST.COM, GIANYAR | Minat masyarakat khususnya di Bali untuk bekerja ke luar negeri cukup tinggi. Hanya saja, banyak dari mereka terkendala finansial. Mengatasi persoalan tersebut, Koperasi Sahabat Kaori Jaya dan Kaori Academy Center (KAC) yang merupakan anak usaha Kaori Group berusaha menjembatani dengan menjalin sinergi dan kerja sama dengan BPR.

Pada tahap awal, Koperasi Sahabat Kaori Jaya bersinergi dengan 12 BPR di Bali. Penandatanganan MoU dilakukan di Ubud pada Selasa (28/3/2023) yang dihadiri langsung oleh direksi dari masing-masing BPR tersebut. Adapun 12 BPR itu adalah BPR Eka Ayu Artha Bhuwana, BPR Surya Jaya Ubud, BPR Artha Bali Jaya, BPR Sariwira Tama, BPR Bank Udary, BPR Naga, Bank Suadana, BPR Krisna Yuna Dana, BAS Bank, BPR TISH, dan BPR Gianyar Parta Sedana.

Penandatanganan MoU oleh BPR yang disaksikan Direktur Utama Kaori Group, Ni Kadek Winie Kaori. (Foto: igp/Literasipost)

Direktur Utama Kaori Group sekaligus Direktur KAC dan Ketua Koperasi Sahabat Kaori Jaya, Ni Kadek Winie Kaori menyampaikan bahwa MoU ini merupakan langkah untuk mewujudkan visi misi “To Make People Better Life”. Pihaknya merekomendasikan keinginan generasi muda untuk bekerja ke negara-negara tujuan yang sudah bekerja sama dengan KAC dan PT P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia), di antaranya Slovakia, Jepang, Australia hingga beberapa negara di Eropa.

“Perusahaan di sana membutuhkan tenaga kerja terampil, sehingga kandidat tenaga kerja ini kita asah terlebih dahulu Bahasa Inggrisnya di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) KAC, setelah tamat dalam tiga bulan barulah kami merekomendasikan mereka yang membutuhkan tenaga kerja untuk perkebunan, hospitality maupun manufaktur atau pabrik. Jadi mereka harus punya karakter atau komitmen untuk bekerja jujur,” kata Winie Kaori.

BACA JUGA :  Mercure Hotels Kuta Beach Bali Adakan Charity hingga Kenalkan Bella Mozzarella

Tegasnya, Koperasi Sahabat Kaori Jaya tidak bisa berjalan sendiri sehingga perlu menjalin kerja sama dengan BPR guna memberikan solusi kepada kandidat yang terkendala dalam hal finansial/keuangan. “Misal, ada kandidat mau bekerja ke New Zealand, butuh biaya yang tidak bisa dipenuhi olehnya, mau pinjam tidak punya jaminan, maka dengan hadirnya Koperasi Sahabat Kaori Jaya bersama BPR ini bisa menjembatani sehingga tujuan mereka bekerja ke luar negeri sesuai biaya yang disepakati dengan PT P3MI bisa mereka bayarkan melalui sistem potong gaji nantinya,” jelasnya.

Terhadap kandidat yang tidak memiliki jaminan atau agunan untuk mengajukan pinjaman, Winie Kaori mengatakan pihaknya bekerja sama dengan asuransi yang mengcover para kandidat. Ada beberapa asuransi yang direkomendasikan oleh BPR.

Menanggapi kasus penipuan yang kerap kali dialami oleh calon tenaga kerja (Naker) ke luar negeri, Winie Kaori menyatakan bahwa pihaknya melalui LPK yang dikelolanya senantiasa turut memerangi penipuan oleh oknum-oknum maupun agensi nakal. “Banyak calon Naker kita yang tertipu oleh PT-PT yang mengaku agensi yang bisa menempatkan Naker ke luar negeri, sehingga ada yang sudah bayar puluhan juta. Di sini kami tegaskan bahwa kami sebagai LPK tidak menerima biaya pemberangkatan, tapi kami bekerja sama dengan beberapa PT P3MI yang benar-benar memiliki legalitas,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Semangat Sumpah Pemuda, BBDC dan BRI Regional Office Denpasar Adakan Donor Darah

Pihak BPR menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan Koperasi Sahabat Kaori Jaya untuk melakukan kerja sama ini. Seperti disampaikan oleh Direktur Utama BPR Udary, Made Suarja. “Ini adalah ide yang sangat bagus dilakukan oleh Koperasi Sahabat Kaori Jaya dan KAC bergandengan dengan lembaga keuangan yaitu BPR. Kami tidak ragu menyambut kerja sama ini karena bertemu dengan lembaga yang telah berbadan hukum, legal standingnya jelas. Kami di BPR selain melakukan kegiatan berbasis bisnis, juga turut serta membangun perekonomian daerah serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam hal ini kami siap membantu dalam hal finansial bagi mereka yang ingin bekerja ke luar negeri,” sebutnya.

Winie Kaori menambahkan bahwa selanjutnya pada April 2023 kembali akan dilakukan MoU dengan beberapa BPR lainnya di Bali. (igp)

Related Posts