October 25, 2024
PARIWISATA & SENI BUDAYA

Caleg Terpilih, Wayan Puspa Negara Canangkan “Beach Clean Up” Rutin di Pantai Legian

LITERASIPOST.COM – Legian | Pantai Legian merupakan salah satu primadona pariwisata Kabupaten Badung. Maka, pantai berpasir hitam ini senantiasa dijaga kebersihannya dalam situasi apapun.

Seperti halnya musim angin barat (West Monson) belakangan ini, memunculkan sampah kiriman yang merusak estetika kawasan pantai. Adanya fenomena tersebut, Tim WPN Puspa Negara merasa terpanggil untuk terlibat bersama demi menjaga kebersihan destinasi Pantai Legian melalui kegiatan Beach Clean Up. Hampir 1.000 orang terdiri dari pelaku usaha di wilayah Kelurahan Legian, pedagang, paguyuban, kelompok masyarakat, masyarakat umum hingga ojek online dengan antusias mengikuti kegiatan sosial ini.

Pencetus kegiatan Beach Clean Up Pantai Legian sekaligus Caleg terpilih Kabupaten Badung, Wayan Puspa Negara. (Foto: Literasipost)

“Sejak hari ini, kami canangkan setiap hari jumat diadakan kegiatan bersih-bersih pantai bekerja sama dengan stakeholder, dan kali ini kami ajak BumiKita. Lalu, saya sendiri yang kebetulan dipercaya dan terpilih pada Pemilu 2024 sebagai calon Anggota Legislatif Kabupaten Badung dari Partai Gerindra Dapil Kuta, juga akan memprogramkan kegiatan serupa setiap hari Jumat awal bulan,” ujar Wayan Puspa Negara.

Sosok yang sangat konsen dengan masalah lingkungan ini mengatakan Pantai Legian sudah dikenal di kalangan wisatawan karena alamnya yang indah, bersih, serta panorama sunset yang eksotik. Namun setiap memasuki bulan Desember hingga Februari ketika musim angin barat tiba, tak dipungkiri area pantai dikotori oleh sampah kiriman berupa sampah organik maupun nonorganik/plastik. Kondisi itu sangat mengurangi estetika pantai.

BACA JUGA :  Sambut Bulan K3 Nasional, PLN Ajak Masyarakat Sadar Bahaya Listrik

“Di saat kotor seperti itu, ada saja vlogger asing yang menyoroti melalui unggahan videonya. Tentu hal itu dapat mencoreng nama Pantai Legian. Untuk itulah kita semua punya tanggung jawab yang sama untuk turut menjaga kebersihan pantai ini. Sekecil apapun yang kita lakukan akan memberikan kebermanfaatan yang besar bagi lingkungan,” jelasnya.

Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi stimulus bagi warga lainnya agar tergerak untuk ikut membersihkan Pantai Legian. Dalam kegiatan ini juga diselingi dengan edukasi Perda tentang Timbulan Sampah Sekali Pakai serta pengelolaan sampah secara arif dan bijaksana. (igp)

Related Posts