October 25, 2024
HUKUM & KRIMINAL

Geng Gaza Resahkan Warga Denpasar hingga Takut Keluar Malam, Polda Bali Pastikan Situasi Aman

LITERASIPOST.COM – DENPASAR | Viral postingan warga Kota Denpasar merasa ketakutan keluar malam karena merebaknya aksi geng Gaza. Menyikapi hal itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu tersebut.

“Situasi Kamtibmas Bali khususnya Kota Denpasar sampai saat ini masih aman dan kondusif, tidak perlu ada yang ditakutkan dalam beraktivitas sehari-hari,” tegasnya pada Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA :  KTT AIS Forum 2023 Sepakati Tiga Prinsip Kerja Sama

Diakui, memang benar ada kelompok anak-anak remaja yang berstatus pelajar. Namun, kelompok Gaza tersebut sudah diamankan oleh Polresta Denpasar pada Jumat (24/5/2024) sekitar pukul 00.30 Wita di Lapangan Lumintang, saat mereka sedang membuat janji tawuran melalui media sosial dengan kelompok tertentu. Dari hasil interogasi, mereka mengakui kelompok Gaza beranggotakan sekitar 80 orang dari beberapa sekolah SMP di Denpasar dan sering nongkrong di beberapa tempat.

Setelah mengamankan anak-anak anggota Gaza, selanjutnya Polresta Denpasar memanggil para orang tua, kepala sekolah dan perwakilan Disdikpora Kota Denpasar, untuk selanjutnya mencari solusi mengenai kelompok Gaza tersebut.

Polda Bali sangat berterimakasih kepada seluruh pihak, khususnya dalam penanganan peristiwa tersebut, dimana hasil kesepakatan antara anak-anak pelajar anggota Gaza, para orang tua, kepala sekolah dan Disdikpora, menyatakan dengan pernyataan tertulis dan testimoni vidio, bahwa :
• Anak-anak tersebut membubarkan kelompok Gaza dan tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.
• Pihak orang tua dan kepala sekolah menyatakan akan mengawasi, membimbing dan mendidik lebih ketat lagi anak-anak tersebut agar tidak mengulangi kejadian yang sama dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.
• Selanjutnya pihak Disdikpora menyatakan akan mengumpulkan para kepala sekolah se-Kota Denpasar, untuk memberikan arahan agar mendidik dan memberi pengawasan lebih kepada para pelajar agar jangan sampai berbuat negatif dan melanggar hukum.

BACA JUGA :  Jegeg Bulan Tampil Spektakuler Bawakan 10 Lagu "New Spectrum 21"

Dari kejadian tersebut, Polda Bali mengajak para orang tua, agar ikut mengawasi pergaulan anak-anaknya, agar tidak sampai terjebak pada pergaulan negatif yang dapat merusak masa depannya. Kepada seluruh masyarakat diharapkan bila mengetahui ada dugaan peristiwa serupa, dapat segera menginformasikan ke pihak terkait sehingga jangan sampai meluas dan membuat resah masyarakat lainnya.

“Sekali lagi kami sampaikan secara umum situasi Kamtibmas Bali khususnya Kota Denpasar dalam kondisi aman dan kondusif, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Patroli dari Kepolisian akan terus ditingkatkan, dan sangat diperlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat, antara lain dengan tidak ikut-ikutan terprovokasi dan memprovokasi, mari tetap kita pastikan bersama Bali tetap Ajeg dan Santi,” tutup Kabid Humas. (IGP/r)

Related Posts