October 25, 2024
PENDIDIKAN

Ikuti Kelas Industri, 42 Siswa SMK TI Bali Global Badung Dilepas ke Dua Perusahaan

LITERASIPOST.COM – BADUNG | Kepala SMK TI Bali Global Badung, I Made Indra Aribawa, SH melepas 42 siswa Kelas Industri tahun ajaran 2024/2025 guna mengikuti praktik kerja lapangan selama 10 bulan, mulai Agustus 2024 hingga Juni 2025. Acara pelepasan digelar di aula SMK TI Bali Global Badung, Jl. Tibung Sari No. 2 Banjar Kwanji, Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (21/8/2024). 

Indra Aribawa menjelaskan, sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 36 laki-laki dan 6 perempuan dilepas untuk mengikuti Kelas Industri pada dua perusahaan, yakni PT Indonesia Comnets Plus (Icon Plus) yang beralamat di Kantor Area PLN Pusharlis, Jl. Gunung Mandalawangi No. 15 Tegal Harum, Denpasar, dan PT Kreasi Kualitas Utama yang beralamat di Jl. Tukad Pakerisan VIID Panjer, Denpasar Selatan. Para siswa yang mengikuti Kelas Industri ini berasal dari Jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Game (PPLG), Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) serta Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).

Foto bersama usai acara pelepasan. (Foto: Literasipost)

“40 siswa mengikuti Kelas Industri di Icon Plus, yang berasal dari jurusan DKV sebanyak 2 orang, PPLG 13 orang, dan TJKJ 25 orang. Sedangkan 2 siswa lagi mengikuti Kelas Industri di PT Kreasi Kualitas Utama. Selama 10 bulan ke depan, mereka mengikuti Kelas Industri sesuai keahliannya. Idealnya setahun, tapi karena proses seleksinya mundur jadinya hanya 10 bulan. Pada 13 Agustus lalu selama 3 hari para siswa ini sudah mengikuti pembekalan dari kedua perusahaan tersebut, tentang etika kerja, adaptasi lingkungan kerja hingga pengetahuan teknis spesifik sesuai bidang kerja masing-masing perusahaan”, kata Indra Aribawa.

Dijelaskan, PT Icon Plus adalah anak perusahaan PT PLN yang bergerak di bidang teknologi informasi. Sedangkan PT Kreasi Kualitas Utama bergerak di bidang platform digital marketing sehingga kerja sama antara SMK TI Bali Global Badung dan kedua perusahaan ini adalah contoh nyata sekaligus sinergi strategis antara dunia pendidikan dan dunia industri.

BACA JUGA :  Mahasiswa Teknologi Pangan FTP UNUD Kreasikan Susu Kedelai dengan Jelly Daun Kelor

“Penempatan peserta Kelas Industri ke PT Kreasi Kualitas Utama dilakukan setelah melalui proses seleksi berupa wawancara langsung yang diadakan oleh tim dari PT Kreasi Kualitas Utama di SMK TI Bali Global Badung pada 10 Agustus 2024, khusus menyasar siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual, hingga terjaring dua siswi”, tutup Indra Aribawa.

Bendahara Yayasan Pendidikan Bali Global Denpasar, IGN Wardana, S.Pt., MM.Kom menyampaikan, “Diharapkan melalui Kelas Industri ini, siswa SMK TI Bali Global Badung memiliki wawasan global serta nantinya menjadi lulusan yang siap di dunia kerja. Kami dari yayasan selalu mendukung penuh program sekolah termasuk pelaksanaan Kelas Industri ini”.

BACA JUGA :  Mahasiswa PSMIL Laksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Nusa Lembongan

Ketua Komite Sekolah, I Wayan Mustika Yasa, SH menyebutkan, “Pelaksanaan Kelas Industri ini juga merupakan tujuan dan hasil yang akan dinikmati oleh orang tua/wali siswa, untuk itu saya sangat berharap kepada para siswa, ini jangan dipakai mainan. Sekolah sudah mencarikan kerja sama dengan perusahaan, jadi manfaatkan dengan baik. Para orang tua mohon awasi anaknya, jangan sampai kesempatan ini malah dipakai untuk kegiatan lain, seperti nongkrong di tempat main games!”. (IGP)

Related Posts