October 25, 2024
BALI

Peringatan HUT ke-58 PMI Bali dan Hari Relawan, “Relawan Bangkit Relawan Kreatif”

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali merayakan hari jadi yang ke-58 bertempat di Markas PMI Provinsi Bali, Jl. Imam Bonjol Km. 3 No. 182 Denpasar, Kamis (16/12/2021). Dengan mengangkat tema “Relawan Bangkit Relawan Kreatif”, perayaan berlangsung sederhana namun penuh keakraban yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Turut hadir jajaran Pengurus dan staf PMI Provinsi Bali, perwakilan relawan kabupaten/kota, Satgana, perwakilan masyarakat sekitar serta Kepala Bidang Relawan PMI Pusat, Sasongko Tedjo melalui daring.

BACA JUGA :  Silahturahmi Dirintelkam Polda Bali dengan Forum Bali Berbagi

“Kita akui semangat relawan yang terpuruk karena pandemi, melalui tema ini agar mampu bangkit dan memberikan wadah bagi para relawan untuk menunjukkan kreativitasnya yang dapat menjadi keunggulan bagi PMI dalam melaksanakan kiprah dan eksistensinya,” ujar Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra.

Dikatakan, peran relawan PMI Bali yang tersebar di kabupaten/kota banyak digerakkan untuk membantu giat respon Covid-19. Seperti penyemprotan disinfektan, promosi kesehatan, pelayanan ambulans, dan distribusi bantuan sesuai dengan kapasitas PMI Kabupaten/Kota di masing-masing wilayah.

Relawan PMI Bali membagikan paket hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. (Foto: ist)

Perayaan HUT PMI Bali kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari AIDS se-Dunia, Hari Relawan se-Dunia dan Hari Relawan PMI Tahun 2021 yang dikemas dalam kampanye Hari AIDS. Kegiatan yang dilaksanakan seperti pembagian 400 Paket Hidup Bersih Sehat kepada masyarakat di seputaran Jl. Imam Bonjol dan perempatan Jl. Teuku Umar Denpasar, apel, pembagian 40 paket sembako kepada masyarakat di lingkungan PMI Provinsi Bali, donor darah, aksi pemungutan sampah, lomba-lomba untuk PMR dan Relawan serta diskusi virtual.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelantikan relawan Satuan Penanganan Bencana (Satgana) VI PMI Provinsi Bali yang dibentuk untuk memberikan pertolongan dalam tanggap darurat penanganan bencana yang menjadi garda terdepan PMI.

BACA JUGA :  Pengembangan Pertashop, AWK Harap Muncul Raja-raja Minyak di Bali

“Satgana PMI sendiri terdiri dari relawan PMI kabupaten/kota se-Bali, yaitu Korps Sukarela atau Tenaga Sukarela PMI, dimana mereka telah mengikuti pendidikan pelatihan secara offline dan online pada Oktober lalu,” imbuh Alit Putra.

Dilanjutkan pelantikan Koordinator Forum Relawan (Forel) PMI dan Forum Remaja (Forpis) Masa Bakti 2021-2023. Forel dan Forpis merupakan wadah komunikasi dan koordinasi antar relawan PMI di tingkat Palang Merah Remaja maupun Korps Sukarela dalam penyampaian gagasan, pemikiran dan pendapat dari Relawan

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat membentuk kesiapsiagaan dari relawan PMI se-Bali dalam tanggap darurat bencana,” pungkas mantan Wakil Gubernur Bali ini.

Jajaran Pengurus PMI Bali bersama Relawan dan Satgana. (Foto: igp)

PMI Pusat melalui Kabid Relawan Sasongko Tedjo menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada PMI Provinsi Bali. Pihaknya berharap PMI Bali ke depan semakin berkembang dan eksis dalam menjalankan perannya.

“Kami sangat apresiasi tema yang diangkat tahun ini, dan tentu kita berharap mulai tahun depan kita harus bangkit seiring mulai melandainya kasus Covid-19 dan tercapainya Herd Immunity, relawan juga bangkit, dan kita telah menyiapkan event besar yaitu Jumbara PMR, saya berharap PMI Bali menyiapkan tim yang tangguh untuk acara tersebut,” ungkapnya. (igp)

Related Posts