October 25, 2024
BALI

Listrik Tak Dimatikan Saat Nyepi, Kecuali di Nusa Penida

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | PLN UID Bali menyampaikan kondisi kelistrikan subsistem Bali terkait Hari Nyepi tahun 2022. Ditegaskan bahwa, PLN tidak pernah mematikan listrik pada saat Nyepi khususnya di wilayah Bali daratan.

“Hal ini karena masih banyak masyarakat yang berasumsi bahwa PLN mematikan listrik pada saat Nyepi,” ujar Manajer Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya saat acara Temu Media rutin di Renon Denpasar, Rabu (23/2/2022).

BACA JUGA :  Peluncuran Film “Sejauh Kumelangkah” Versi Inklusif

Kecuali di Pulau Nusa Penida dan sekitarnya, karena di wilayah tersebut menggunakan pembangkit dan atas permintaan aparat wilayah setempat, sehingga listrik pada saat Nyepi dimatikan. Sementara itu terkait pemadaman lampu penerangan jalan yang rutin terjadi setiap perayaan Nyepi dilakukan oleh pemda masing-masing.

Arya melanjutkan, prediksi beban pada Nyepi tahun 2022 ini sekitar 615 MW. Terjadi penurunan antara 30-40% dari beban normal. Saat ini daya mampu Bali sekitar 1.284 MW dengan beban 615 MW.

BACA JUGA :  Danrem Wira Satya Pantau Posko PPKM Mikro Desa Sanur Kaja

“Kalau beban pada Nyepi tahun lalu malah 400 MW, namun begitu persediaan listrik tahun ini masih aman,” katanya.

Soal petugas PLN, menurut Arya, tidak ada yang berubah dari segi jumlah. Yang berubah hanyalah mekanisme pelayanan. Jika ada gangguan listrik pada hari biasa, pelanggan dapat menginformasikan melalui sarana yang ada seperti PLN New Mobile dan PLN 123.

BACA JUGA :  OJK Bersama Perbankan Dukung Pengembangan Keuangan Berkelanjutan

Namun pada saat Nyepi, jika terjadi gangguan listrik yang sifatnya urgent maka pelanggan diharapkan terlebih dahulu melapor ke aparat desa/adat atau Pecalang setempat untuk mengawal petugas PLN. Meski demikian petugas PLN telah dilengkapi surat dari pemda masing-masing. (igp)

Related Posts