July 28, 2021
BALI

Apel Kesiapan Personel Sebagai Tracer dan Vaksinator Covid-19, Kapolda Bali Ingatkan Tetap Jaga Diri

LiterasiPost.com, Denpasar –
Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. Roycke Harry Langie, S.I.K., M.H., dan seluruh PJU beserta Kapolresta dan Kapolres Jajaran Polda Bali memimpin Gelar Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Polri sebagai Tracer dan Vaksinator Covid-19 bertempat di Lapangan Iptu S. Soetardjo, Tohpati, Denpasar, Kamis (11/2/2021).

Pada apel kesiapan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini, Kapolda Bali bertindak sebagai pimpinan apel. Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam menerapkan PPKM berbasis mikro sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri dan ditindaklanjuti di 7 provinsi yang menjadi prioritas penanggulangan Covid-19.

BACA JUGA :  Bahas PPKM, Terapi Plasma Konvalasen dan Isolasi Mandiri, Kasdam IX/Udayana Ikuti Vidcon Satgas Nasional Covid-19

Model penanganan Covid-19 saat ini berbeda dengan penanganan sebelumnya, dimana kini Polri dengan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombaknya dan tenaga kesehatan telah diamanatkan tugas untuk mendukung dan membantu proses 3T yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan) dan Treatment (pengobatan) yang dicanangkan oleh pemerintah dan dimulai dari tingkat desa.

Dalam tugasnya, Bhabinkamtibmas memiliki fungsi pokok pencegahan, pembinaan dan pendukung dengan fungsi operasional diantaranya melakukan pencatatan data kasus dan pelaksanaan 3T di wilayah operasinya. Sedangkan tenaga kesehatan memiliki fungsi pokok sebagai penanganan dengan fungsi operasional, diantaranya melakukan testing di wilayah operasinya.

BACA JUGA :  Solid Gold Berjangka Bali Perkenalkan Cara Aman Bertransaksi di Perdagangan Berjangka

Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan rapat yang dilakukan, pemerintah daerah Bali telah menetapkan kurang lebih 380 Desa yang akan menjalankan PPKM berbasis mikro. Sedangkan pihak Polda Bali menyiapkan petugas Polri sebanyak 1.632 personel termasuk Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan yang tergabung pada posko yang dibentuk dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Dalam arahannya, Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., menyampaikan optimismenya bahwa masyarakat Bali akan mendukung pemerintah dalam menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 di Bali.

“Saya yakin masyarakat Bali akan ketaatan dan kepatuhannya dalam mendukung imbauan pemerintah untuk bersama menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 di pulau Bali,” ucapnya.

BACA JUGA :  Tekan Penyebaran Covid, Permen PUPR 24/2008 Diusulkan Direvisi

Sebelum menutup arahannya Kapolda Bali juga berpesan kepada seluruh peserta apel kesiapan ini untuk tetap menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas, menjunjung tinggi profesionalisme, melakukan imbauan terkait 3T dan 5M dan melakukan koordinasi dengan stake holder yang ada dalam percepatan penanggulangan Covid-19.

“Saya selaku Kapolda Bali berpesan kepada seluruh peserta apel pada hari ini, baik Bhabinkamtibmas maupun tenaga kesehatan Polri untuk tetap menjaga kesehatan, jaga diri, setelah itu baru kita bisa jaga keluarga dan melaksanakan tugas dalam jaga negara,” tutupnya. (igp/r)

Related Posts