February 1, 2023
PARIWISATA & SENI BUDAYA

Buka “AstraPay Surya Sewana Sanur Village Festival 2022”, Menparekraf: Ini Seperti Festival di Luar Negeri

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno membuka secara resmi AstraPay Surya Sewana Sanur Village Festival 2022 yang ditandai dengan pemukulan kendang besar, Kamis (18/8/2022).

Turut mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, Kepala KPw Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho serta pihak AstraPay selaku sponsor utama.

BACA JUGA :  "Management Joint Lectures" Peminatan Manajemen Keuangan Mata Kuliah Manajemen Risiko

Gelaran yang ke-15 ini berlangsung di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, pada 17-21 Agustus 2022. Pada acara pembukaan ditampilkan sajian seni dari Maha Bajra Sandi dan Kita Poleng.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan festival tahunan yang kerap disebut SANFEST ini.

“Memasuki penyelenggaraan yang ke-15 sejak tahun 2006, tentunya saya ucapkan, luar biasa!,” ujar Sandiaga mengawali pidatonya.

BACA JUGA :  Polda Bali Bagikan Paket Sembako Kepada Pelaku Pariwisata

Ia pun berharap penyelenggaraan SANFEST bisa membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di kawasan Sanur. Karena semua dilibatkan untuk memberi lapangan pekerjaan, seperti UKM, seni, musik, fashion, dan kuliner yang diharapkan menjadi bagian kebangkitan Bali kembali.

“Ini kelasnya dunia kalau berada di sini, auranya seperti festival-festival di luar negeri. Jadi, buat apa jauh-jauh, datang saja ke SANFEST,” ajaknya.

Pihaknya pun menyampaikan kabar gembira, dimana memasuki era tatanan baru pasca pandemi ini, pariwisata Indonesia mengalami kenaikan peringkat. Berdasarkan World Economic Forum, Travel Tourism Development Index 2021 naik ke peringkat 32 dari 40 di tahun 2019.

BACA JUGA :  Masuk Pantai Legian, Scan Barcode Terlebih Dahulu

Sementara itu Ketua Umum SANFEST, Ida Bagus Gede Sidharta Putra (Gusde) mengatakan SANFEST hadir kembali dalam format kekinian sebagai respons terhadap bangkitnya kembali aktivitas pariwisata pasca pandemi. SANFEST menghadirkan berbagai kegiatan seni budaya, sport, aksi lingkungan, ekonomi kreatif, dan hiburan dalam format temu kangen, keakraban, dan optimisme menatap masa depan.

“SANFEST telah masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 oleh Kemenparekraf RI. Dengan spirit ‘Surya Sewana’ kita berharap memberi gairah dan energi berkelanjutan untuk kerja kreatif di berbagai bidang, terutama mendorong kuantitas dan kualitas kepariwisataan sebagai tulang punggung perekonomian Bali,” ungkapnya.

Pembukaan booth AstraPay oleh Menparekraf Sandiaga Uno, didampingi Menteri PPPA Bintang Darmawati, Wagub Bali Cok Ace, Wali Kota Denpasar Jaya Negara, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho dan pihak AstraPay. (Foto: igp)

Acara dilanjutkan dengan pembukaan stan/booth AstraPay yang ditandai pemotongan pita oleh Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri PPPA Bintang Darmawati dan Wagub Bali Cok Ace, serta didampingi Wali Kota Denpasar Jaya Negara, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho dan pihak AstraPay. (igp)

Related Posts