August 1, 2021
EKONOMI & PERBANKAN

Gelar Bazar Produk UMKM, Diskop Bali Support Koperasi Pemasaran Perempuan Katrisma Mandiri

LiterasiPost.com, Denpasar –
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali mendukung kegiatan Bazar Produk UMKM yang digelar oleh Koperasi Pemasaran Perempuan Katrisma Mandiri (PKM). Bazar dilaksanakan di depan Kantor Diskop dan UKM Provinsi Bali, Jalan DI Pandjaitan Denpasar, Jumat (21/5/2021), dengan penerapan protokol kesehatan.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kepala Diskop dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Mardiana mengatakan pihaknya sangat mendukung para UMKM di Bali khususnya yang tergabung di Koperasi PKM ini, yakni dengan menyediakan tempat untuk memasarkan produk-produknya seperti makanan, minuman dan olahan lainnya.

Kepala Diskop dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Mardiana. (Foto: igp)

“Saat ini para UMKM sangat terdampak oleh pandemi, penghasilannya menurun, maka melalui bazar ini mudah-mudahan mereka terbantu, bisa mempromosikan produknya dan kami harapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan setiap hari Jumat dengan produk yang bervariasi,” ujar Mardiana.

Di masa pandemi ini, Diskop dan UKM Provinsi Bali telah melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan UMKM di Bali, terutama dalam hal marketing (pemasaran). Dinas bekerjasama dengan beberapa marketplace untuk membantu penjualan secara digital (online).

BACA JUGA :  Dukung Penuh Kebijakan Pemerintah, PLN Siap Lanjutkan Stimulus Listrik

“Memang ke depan kita dorong para UMKM ini untuk memanfaatkan digital marketing, karena eranya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Koperasi Pemasaran PKM, Cok Istri Mirah, SE, MAP menjelaskan bazar kali ini merupakan kegiatan kedua setelah diadakan di SMAN 3 Denpasar pada awal April lalu. Bazar diikuti oleh 10 UMKM yang menjadi anggota Koperasi PKM.

“Kita ikut mendukung program pemerintah untuk menggeliatkan dan membangkitkan UMKM di Bali. Syukurlah, respon masyarakat di sekitar tempat ini sangat bagus, bahkan produk-produk yang dijual anggota cepat habis,” ungkap Owner Ode.nant Textile ini.

BACA JUGA :  120 Tahun Pegadaian, Kinerja Terus Meningkat

Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi, UMKM dan Pemberdayaan Wanita KADIN Kota Denpasar ini menambahkan pelaksanaan bazar ini tentu dapat menggugah UMKM lain. Untuk itu pemilik UMKM bisa bergabung di Koperasi Pemasaran PKM. Cok Mirah senantiasa memotivasi para anggota yang memiliki UMKM agar selalu memperhatikan produk-produknya, terutama dari segi kualitas.

“Ingat, selalu yakin, tetap semangat, selalu berinovasi, berusaha mencari networking dengan memanfaatkan media sosial, jangan diam, harus kreatif,” pesannya kepada pemilik UMKM.

Suasana Bazar Produk UMKM yang digelar Koperasi Pemasaran Perempuan Katrisma Mandiri. (Foto: igp)

Salah satu peserta bazar, Nyoman Eny Widiartini mengaku sangat terbantu dengan mengikuti kegiatan ini.

“Sangat bermanfaat, produk kami lebih dikenal orang, penjualannya meningkat. Jadi bazar ini menjadi sarana promosi dan pemasaran yang efektif,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kantongi Sertifikasi CHSE dan Vaksinasi, Member UHA Siap Terima Wisatawan dengan Aman dan Nyaman

Salah seorang pengunjung yang juga Kepala Cabang Renon Bank BPD Bali, IA Tri Rasmiwinari menyampaikan kesannya terhadap penyelenggaraan Bazar Produk UMKM ini.

“Ini kejutan, banyak masyarakat yang lewat tadi sehabis olahraga lalu mampir ke sini untuk berbelanja, dan bisa disimpan di rumah untuk dinikmati bersama keluarga di hari libur besok. Jadi produk-produk yang praktis seperti inilah yang sekarang banyak dicari,” tuturnya. (igp)

Related Posts