July 17, 2024
PENDIDIKAN

Kuliah Umum Prodi Sastra Inggris FIB UNUD Hadirkan Dosen Sultan Idris Education University Malaysia

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertajuk “Insights into Language Learning Strategies Among ESL/EFL Undergraduates” dengan mengundang dosen dari Faculty of Languages and Communication, Sultan Idris Education University Malaysia, Associate Professor Dr. Mahendran Maniam PPN Dip.Ed. (TESL)., Bac.Ed.(TESL)., M.Ed. (TESL)., Ph.D (TESL) pada Kamis (1/6/2023).

Koordinator Program Studi Sastra Inggris, Prof. Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum., mengatakan Kuliah Umum ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan program studi Sastra Inggris pada mata kuliah Teaching English as Foreign Language (TEFL) yang merupakan salah satu mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa semester IV. Oleh sebab itu, selain dibuka untuk umum, kuliah ini wajib dihadiri oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah TEFL. 

BACA JUGA :  Pemprov Bali Apresiasi Langkah Intelektual Pelaku Usaha Spa Sikapi Pemberlakuan UU HKP3D

Dengan mengundang narasumber yang juga merupakan ahli pengajaran bahasa dari Sultan Idris Education University, Malaysia, Prof Mulyawan berharap mahasiswa Sastra Inggris dapat memperoleh pengetahuan lebih mendalam terkait mata kuliah yang dipelajari. Pada akhir sambutannya, tidak lupa Prof Mulyawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber, Associate Professor Dr. Mahendran Maniam, karena telah berkenan hadir dan membagikan ilmu yang Beliau miliki kepada mahasiswa program studi Sastra Inggris.

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan secara online ini, Associate Professor Dr. Mahendran Maniam, membagikan berbagai pengetahuan seputaran pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan bahasa asing. Materi yang dipaparkan antara lain terkait perbandingan antara pembelajaran tatap muka dan daring, serta strategi pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua/asing serta pengukuran kemampuan siswa. Dalam pemaparannya, Beliau juga mengundang sivitas akademika prodi Sastra Inggris, tidak hanya dosen, melainkan juga mahasiswa, untuk bersama-sama melaksanakan penelitian dan publikasi terkait pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

BACA JUGA :  Doktor Baru FK UNUD Kembangkan Perangkat Lunak Pembelajaran Tembang Sekar Alit yang Ergonomis

Setelah sesi pemaparan materi dan diskusi, acara ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada narasumber, Associate Professor Dr. Mahendran Maniam, atas kontribusi dan kehadiran Beliau dalam kuliah umum yang diselenggarakan. (igp/r)

Sumber: www.unud.ac.id

Related Posts