April 20, 2024
PENDIDIKAN

Liang Budiarta Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum FH UNUD

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | “Dekonstruksi Pengaturan Asas Itikad Baik Dalam Perjanjian yang Dibuat Dihadapan Notaris” merupakan judul Disertasi Liang Budiarta yang dipresentasikan pada Promosi Doktor 11 Agustus 2022 di Aula FH Unud.  Liang Budiarta berprofesi sebagai Notaris di wilayah Kabupaten Badung. 

Ujian dipimpin oleh Dekan FH UNUD dengan Tim Promotor: Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH.,M.Hum, Dr. Desak Putu Dewi Kasih, SH.,M.Hum, Dr. Putu Tuni Cakabawa Landra, SH.,M.Hum dan 4 dosen penguji lainnya.  

BACA JUGA :  Bupati Klungkung Kebut 100 Persen Satu Desa Satu TK Negeri

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pengaturan azas itikad baik di Indonesia telah tertuang dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Namun itikad baik dalam Undang-undang Jabatan Notaris (UUJN) pengaturannya masih secara implisit dan terbatas pada itikad baik notaris. Pengaturan itikad baik bagi para pihak yang mengadakan perjanjian belum diatur. Sehingga pengaturan mengenai itikad baik dalam UUJN ini masih belum jelas yang berakibat pada seringnya terjadi penyimpangan terhadap itikad baik tersebut. 

Hasil dekonstruksi pengaturan asas itikad baik adalah Model Konstruksi Komitmen Moral Subjek Perjanjian yang diwujudkan dalam bentuk Pakta Integritas yang dibuat sebelum pembuatan perjanjian. Kedepannya diharapkan Pemerintah sebagai pemegang inisiatif pembentuk undang-undang menyusun rancangan Hukum Perjanjian Nasional yang memuat ketentuan Model Komitmen Moral Subjek Perjanjian dalam bentuk Pakta Integritas serta menginstruksikan agar para Notaris wajib melampirkan Pakta Integritas tanpa terkecuali dalam setiap pembuatan akta notarial. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1608-Promovendus-Liang-Budiarta-Berhasil-Meraih-Gelar-Doktor-Pada-Prodi-Doktor-Ilmu-Hukum-FH-UNUD.html

Related Posts