August 1, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Libur Lebaran, Pelayanan Medis RSUP Sanglah Tetap Siaga

LiterasiPost.com, Denpasar –
Menghadapi libur Lebaran, RSUP Sanglah Denpasar tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya pasien. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Sanglah, Dr. dr. Ketut Ariawati, Sp.A (K) menyampaikan bahwa sebagai rumah sakit rujukan, RSUP Sanglah tidak boleh ikut libur seperti halnya instansi lainnya.

“Orang sakit, orang yang butuh pertolongan, tetap harus dilayani,” ujar dr. Ariawati saat ditemui Selasa (11/5/2021).

BACA JUGA :  Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Drive Thru di Bali

Untuk bagian perkantoran memang diakui libur pada 12-16 Mei 2021. Tetapi pelayanan medis tetap jalan. Pelayanan medis Covid-19 (rawat jalan) bagi pasien yang terinfeksi dilakukan di posko yang akan ditangani oleh dokter jaga dan perawat dari pagi hingga malam, termasuk Swab Test jika dibutuhkan.

“Pasien rujukan yang butuh rawat inap, bisa memanfaatkan sistem rujukan terpadu (Sisrute). Jika pasien positif Covid-19 maka tidak diarahkan ke UGD, tetapi ke ruang perawatan khusus. Namun jika belum diketahui positif, bisa menuju UGD dan akan dilakukan skrining terlebih dahulu,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wow! Beachwalk Tampil Baru dan Tambah Brand-brand Ternama

Lalu, untuk pasien non Covid-19, bila ada kegawatdaruratan bisa langsung menuju UGD dan telah disiagakan sebanyak 5 dokter spesialis.

Lebih lanjut dikatakan layanan Poliklinik RSUP Sanglah akan ditutup saat libur Lebaran ini, baik Poliklinik reguler maupun di Wing Amerta. Bagi pasien yang membutuhkan obat, seperti DB, RSUP Sanglah sudah bekerja sama dengan beberapa Puskesmas.

“Layanan Hemodialisa tetap buka seperti biasa, juga Kemoterapi rawat inap dan pelayanan gizi bagi pasien rawat inap,” jelas dr. Ariawati.

BACA JUGA :  Personel Polda Bali dan Jajaran Jalani Vaksinasi Covid-19

Ketersediaan obat baik itu untuk Covid-19 maupun non Covid-19 masih tersedia untuk jangka waktu di atas dua minggu. Begitu halnya Oksigen masih tersedia hingga Juni 2021. Sebelum itu akan dilakukan kembali pengadaan.

“Jadi, kami berharap kepada masyarakat yang ingin berobat ke RSUP Sanglah untuk tidak ragu-ragu karena semua telah disiapkan, mengingat RSUP Sanglah adalah rumah sakit rujukan,” pungkasnya. (igp)

Related Posts