July 18, 2024
NASIONAL

LSCAA Gelar Autism Awareness Festival 16 “Embrace Neurodiversity”

LITERASIPOST.COM – BEKASI | Dalam rangka memperingati World Autism Awareness Day, LSPR Institute of Communication & Business (LSPR Institute) melalui London School Centre for Autism Awareness (LSCAA) mengadakan Autism Awareness Festival 16 dengan tema ”Embrace Neurodiverstiy” pada 29 Juni 2024 di The Amani Palladium, LSPR Transpark Bekasi.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu seminar Teachers Training mengenai ”Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi” pada 28 Juni 2024 di Prof. Dr. Djajusman Auditorium & Performance Hall, LSPR Sudirman Park Jakarta. Menghadirkan pembicara, Prof. Dr. Asep Supena (Dosen Prodi Pendidikan Khusus Universitas Negeri Jakarta), Lukman Kadarsah (Kepala SDN Pondok Labu 07/ Guru Penggerak Angkatan 5), Luthfi Herdiyani (GPK Sekolah Islam Terpadu Depok).

BACA JUGA :  3 Big Events PKM FMIPA, Mahasiswa Informatika-Kimia-Biologi Raih Rancangan PKM Terbaik

Bakat dan potensi anak berkebutuhan khusus dalam bidang seni, seperti pentas musik, menyanyi menari, lomba peragaan busana, lomba mewarnai dan Kemampuan individu neurodiversity dalam bermain alat musik juga dilombakan dalam acara ini.

Selama acara berlangsung, LSCAA juga menggelar bazar karya individu neurodiversity serta menyediakan photobooth untuk audiens. Selain itu, bazar ini juga menampilkan karya dari Raysha Dinar Kemal Gani dan juga menampilkan karya Siswa Tata Boga dan Balai Latihan Kerja LSBA (London School Beyond Academy). Melalui bazar ini diharapkan siswa dapat mandiri dan berdaya.

“AAF tahun ini diawali dengan pameran lukisan individu berkebutuhan khusus Raysha & Friends di Sunrise Art Gallery, kemudian AAF tahun ini ada penyerahan dana untuk Rumah Autis dan YCHI (Yayasan Cinta Harapan Indonesia) dari hasil penjualan lukisan Raysha & Friends yang diserahkan oleh Ms. Ghina selaku Ketua Raysha Foundation,” ucap Prita Kemal Gani selaku Founder & CEO LSPR & LSCAA.

BACA JUGA :  Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Jaringan JAD dan Pernah Ngebom di Jolo Filipina

Lebih lanjut, dirinya memaparkan tujuan dari AAF digelar. “AAF digelar setiap tahun oleh LSCAA sebagai showcase untuk individu autistik memperlihatkan kemampuan dan ketrampilan bakat-bakat dari individu spesial untuk mendapat apresiasi dan untuk menghibur, selain itu melalui acara ini juga menginspirasi orangtua lain bahwa anak berkebutuhan khusus dapat mandiri, berkarya dan berprestasi, sebagai informasi dan inspirasi masyarakat tentang prestasi individu autistik,” kata Prita Kemal Gani.

Director of LSCAA & LSBA , Dr. Chrisdina menyampaikan banyak perkembangan dan hal yang istimewa dalam AAF tahun ini, “Tahun ini perbedaan yang sangat terlihat adalah semakin banyak produk hasil individu neurodiversity yang dijual. Selain itu secara kualitas produk – produk tersebut sudah sama dengan produk sejenis dipasaran. Artinya kesadaran lingkungan terdekat akan peluang untuk berwirausaha semakin baik. Banyak produk yang habis sebelum acara berlangsung juga menunjukan bahwa masyarakat semakin terbuka untuk keragaman”. (IGP/r)

Related Posts