February 26, 2024
PENDIDIKAN

Prodi Psikologi FK UNUD bersama Fakultas Psikologi UI Selenggarakan Konferensi Internasional

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Era digital adalah periode dimana teknologi digital memainkan peran penting dalam membentuk dan mengatur perilaku, kinerja, masyarakat, komunitas, organisasi, dan individu (Liyanage, 2012). Masyarakat memerlukan keterampilan yang disesuaikan dengan dunia digital, termasuk keterampilan teknis dan sosial, serta literasi digital (OECD, 2019). Kemajuan teknologi ini mempercepat kita menuju transformasi yang lebih menyeluruh menuju masyarakat jaringan dan menciptakan peluang/tantangan untuk kesejahteraan. Apakah kondisi ini akan memperbaiki atau memperburuk kesejahteraan kita? 

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan Konferensi Internasional yang bertujuan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai permasalahan apa saja yang mungkin timbul, serta peluang dan sisi positif apa saja yang dapat diperoleh dari pengalaman berhubungan dengan teknologi digital.

BACA JUGA :  Dosen Prodi TIP jadi Pembicara Sosialisasi Pemanfaatan dan Pengembangan Produk Jahe Merah di Desa Gunaksa

Konferensi Internasional ini diadakan selama dua hari pada Jumat-Sabtu, 3-4 November 2023 bertempat di Hotel Prime Plaza Sanur, diawali dengan kegiatan Pre-Conference dengan narasumber dari Universitas Indonesia yaitu Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, Dimitri van der Linden Professor of Psychology, Erasmus University Rotterdam, serta dari Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yaitu: 

  1. Ni Made Diah Lestari, S.Psi., M.Psi., Ph.D dengan topik Analisis Naratif 
  2. IGA Diah Fridari, S.Psi., M.Psi., Ph.D dengan topik Mindfulness di Era Digital 

Acara kemudian dilanjutkan dengan agenda pembukaan yang turut dihadiri sekaligus memberikan sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Psikolog. Acara pembukaan ini dihadiri juga oleh Koordinator Program Studi Sarjana Psikologi, Ketua Departemen Psikologi, para dosen Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan para dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, serta peserta kegiatan yang berasal dari beberapa negara.

BACA JUGA :  Era New Normal, Ini Keuntungan Kuliah TI di ITB STIKOM Bali

Kegiatan konferensi dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Keynote Speaker yaitu Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog dari Universitas Indonesia. Plenary Session dilanjutkan dengan pemaparan dari invited speaker antara lain Eric J. Vanman, Ph.D dari The University of Queensland, Australia, Agnes Nauli Shirly, S.Psi., M.Sc., Ph.D dari Universitas Indonesia, Dr. Mark Brandt dari Michigan State University, USA, serta invited speaker lainnya. 

Seluruh peserta kemudian melakukan presentasi pada parallel session yang berlangsung dengan lancar dan tentunya memberikan khasanah baru dalam dunia riset keilmuan psikologi di dunia. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3917-PEWIC-2023-Well-Being-in-the-Digital-Age-Psychology-from-The-East-Psychology-from-The-West-International-Conference-2023.html

Related Posts