September 26, 2023
PENDIDIKAN

“The 2nd Yamaguchi University Indonesia Alumni International Symposium” Dihelat di UNUD

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | The 2nd Yamaguchi University Indonesia Alumni International Symposium bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (15/9/2023). International Symposium ini mengambil tema Diversity and Harmony: Introducing Academic & Students’ Life in Yamaguchi University. 

Hadir dalam simposium ini  Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor Unud, Konsul Jenderal Jepang di Denpasar, President Yamaguchi University dan jajaran, Plt. Direktur Pascasarjana Unud, Alumni Yamaguchi University, serta perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas di lingkungan Unud.

BACA JUGA :  Peringati Hari Bumi Sedunia, KMPL FK UNUD Tanam Bakau

Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam sambutannya menyampaikan sebelum pandemi Covid-19, kerjasama antara Universitas Udayana dengan Yamaguchi University melaksanakan program pertukaran pelajar, kerjasama penelitian, program Double Degree dan program akademik lainnya. Namun karena pembatasan perjalanan karena pandemi, mahasiswa dari Yamaguchi University tidak dapat masuk Bali untuk belajar di Universitas Udayana dan begitu juga sebaliknya.

“Saat kita memasuki era baru, kami ingin restrukturisasi program internasional kami dengan Universitas Yamaguchi dalam rangka memperoleh pendidikan internasional dan memperkuat hubungan internasional. Melalui simposium internasional ini Universitas Udayana bermaksud untuk mempromosikan hubungan internasional yang bersahabat melalui penguatan pendidikan, budaya, sumber daya manusia, dan kerja sama sosial dengan Universitas Yamaguchi,” ujar Wakil Rektor.

Dengan memperkenalkan kehidupan akademis dan kemahasiswaan, khususnya di Yamaguchi University pihaknya berharap dapat menginspirasi mahasiswa Unud untuk bekerja keras dalam studinya agar dapat pergi ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikannya. Melalui sharing pengalaman alumni Yamaguchi University dalam simposium ini diharapkan bermanfaat untuk menambah pengetahuan penting tentang kehidupan di luar negeri, khususnya di Yamaguchi University.

BACA JUGA :  FH UNUD Tambah Mitra Kerja Sama Internasional dengan Doshisha University

President Yamaguchi University Prof. Yukio Tanizawa dalam kesempatan tersebut memperkenalkan sekilas tentang Yamaguchi University serta perkembangan penelitian yang ada di Universitas tersebut, salah satunya adalah konsorsium lembaga pendidikan tinggi. Pihaknya membuka peluang untuk jalinan kerjasama terutama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sementara Konjen Jepang di Denpasar Mrs. KATSUMATA Harumi menyampaikan Universitas Udayana adalah universitas paling bergengsi di Bali, yang kaya akan budaya dan warisan. Sama halnya dengan Yamaguchi University yang juga didirikan dengan tradisi panjang dalam pendidikan tinggi yang inovatif dan berorientasi internasional. Interaksi antara orang-orang dari budaya yang berbeda akan membawa perubahan positif bagi individu dan organisasi. 

BACA JUGA :  Perkuat Kerja Sama, Pimpinan FKH UNUD Kunjungi Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar

“Saya sangat berterima kasih kepada Universitas Udayana dan Yamaguchi University atas terjalinnya kemitraan erat dan dorongan untuk tantangan budaya dan akademik antara keduanya,” ujar Konjen.

Dalam simposium ini juga dilakukan presentasi terkait kegiatan mahasiswa dari Indonesia di Yamaguchi University, pengenalan program Pascasarjana, hubungan antara komunitas lokal dengan mahasiswa internasional, cara beradaptasi bahasa dan budaya, pengenalan kegiatan kantor YUICO Yamaguchi, presentasi dari alumni serta diskusi. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5937-The-2nd-Yamaguchi-University-Indonesia-Alumni-International-Symposium-Digelar-di-Universitas-Udayana.html

Related Posts