October 25, 2024
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Tunjukkan Empowering Girl, Rotary Club Adakan Pelatihan Menghias Cake bagi Remaja Putri

LITERASIPOST.COM, GIANYAR | Lima Rotary Club di District 3420, yaitu Rotary Club of Bali Taman, Rotary Club of Bali Legian, Rotary Club of Bali Denpasar, Rotary Club of Bali Dewi Sri dan Rotary Club of Surabaja Darmo berkolaborasi untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan menghias kue (cake) bertempat di Warung KeneKone, Gianyar, Minggu (24/4/2022).

Past President of Rotary Club of Bali Legian, Putu Indra Mahyuni mengungkapkan kegiatan ini selain menjadi bagian program kerja, juga dilatarbelakangi oleh biasnya kesetaraan gender di masyarakat, dimana terjadi kondisi yang memihak dan merugikan salah satu jenis kelamin terutama kaum perempuan. Padahal, kesetaraan gender terus didengungkan.

BACA JUGA :  Musrenbang FMIPA UNUD Targetkan Capaian Kinerja IKU

Perjuangan perempuan (remaja putri) untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan berkeinginan memajukan perekonomian keluarga membuat mereka bekerja tanpa dibekali keahlian atau keterampilan yang cukup.

“Maka, Empowering Girl adalah salah satu cara bagi perempuan (remaja putri) untuk mendapatkan pengakuan dan kesadaran diri akan potensi dan kelayakan yang dimilikinya dalam menghadapi dunia yang penuh dengan konfrontasi gender bias,” ungkap Indra Mahyuni.

BACA JUGA :  Jadi Kota Pertama #POCOnyaBeraksi Fearless Roadshow, POCO Pacu Semangat Aksi Pemuda Bali

Empowering Girl, di antaranya diwujudkan melalui pelaksanaan pelatihan menghias kue yang diikuti oleh 20 orang remaja putri usia 14-19 tahun. Mereka telah terpilih melalui seleksi yang dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni di Gianyar pada 24 April 2022 dan di Nusa Penida pada 2 Mei 2022 mendatang. Melalui The Rotary Foundation Project, Empowering Girl, District Grant #2234560, kegiatan yang bertajuk “Cake Decoration One Day Course” ini bertujuan untuk melatih peserta agar memiliki kompetensi dalam menghias kue.

“Peserta dilatih untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menentukan dan memilih peralatan untuk menghias kue, jenis-jenis adonan, dan bagaimana mengaplikasikan hiasan kue ke dalam berbagai jenis kue, sehingga para peserta nantinya bisa mengaplikasikan ketrampilan tersebut agar bisa mandiri dan dapat membantu perekonomian keluarga,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wow! Pasien Tumor Prostat di RS Ngoerah Dioperasi dengan Teknologi Telerobotik

Pelatihan ini dipandu oleh instruktur Past President Eka Iskandar dari Rotary Club of Bali Taman dan turut dihadiri oleh beberapa member dari 5 Rotary Club di District 3420.

Salah satu peserta, Ratna, dari Denpasar mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan menghias kue atau cake ini. Sebut mahasiswi ini, bahwa dirinya memang hobi membuat kue dan pernah menghias kue, namun hasilnya belum memuaskan. Sehingga pelatihan ini sangat berguna baginya.

Salah satu peserta pelatihan sedang menghias cake. (Foto: igp)

“Banyak ilmu yang bisa saya dapatkan di pelatihan ini, pelatihnya juga sabar dan teliti dalam mengajari kita, ini (ilmu) bisa menjadi bekal buat saya ke depan, misalnya mau buka bisnis kue tart dan lainnya,” sebutnya. (igp)

Related Posts