October 25, 2024
BALI

Rayakan HUT ke-31, Lepas Tukik Iringi Harapan Rotary Club of Bali Taman Selalu Jaya

LITERASIPOST.COM, GIANYAR | Rotary Club of Bali Taman District 3420 melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan berupa pelepasan tukik di pantai dekat Saba Asri Bali Sea Turtles Conservation (Pantai Saba), Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Minggu (25/9/2022). Kegiatan ini serangkaian dengan hari ulang tahun (HUT) ke-31 Rotary Club of Bali Taman.

“Sejatinya HUT ke-31 Rotary Club of Bali Taman jatuh pada 17 September 2022, tapi hari ini kita rayakan di sini sekaligus menyambut kehadiran District Governor (DG) 3420 Lina Soeratman. Kami melepas sebanyak 115 ekor tukik dengan tujuan untuk melestarikan salah satu satwa yang dilindungi ini,” ungkap President Rotary Club of Bali Taman, Aini Cahyani Sjarifuddin.

BACA JUGA :  Menteri Urusan Wanita Inggris Berbagi Strategi di B20-G20 Dialogue “Women in Business Action Council”

Dikatakan, Saba Asri Bali Sea Turtles Conservation merupakan salah satu project dari Rotary Club of Bali Taman District 3420 yang dibangun sejak tahun 2018. Pada awalnya hanyalah penangkaran penyu/tukik biasa, kemudian melalui Rotary Community Corps membantu pembangunan sekaligus memberikan nama Saba Asri Bali Sea Turtles Conservation. Hingga saat ini mengalami perkembangan dan banyak pula donatur lain yang turut memberikan bantuan.

“Senang sekali kami melihat Saba Asri ini sustainable (berkelanjutan) dan kami pun setiap tahun pasti visit ke sini untuk melihat perkembangannya,” ujarnya.

Beberapa tukik yang dilepasliarkan ke laut. (Foto: igp)

Kegiatan pelepasan tukik diikuti oleh para member Rotary Club of Bali Taman, Rotaract Bali Taman, Rotaract Bali Kecak, Rotaract Bali Barong serta volunteer dari SMKN 5 Denpasar. Tak ketinggalan beberapa wisatawan asing yang kebetulan berada di lokasi juga antusias mengikuti kegiatan ini.

“Satu ekor tukik ini kami ‘hargai’ 50 ribu Rupiah, lalu total dana yang terkumpul kami sumbangkan untuk Saba Asri Bali Sea Turtles Conservation. Semoga bermanfaat, baik bagi pengelola penangkaran maupun alam dan lingkungan itu sendiri,” sebut Aini.

BACA JUGA :  Sambut Hari Raya Nyepi, Paxel Sesuaikan Jam Operasional

Ketua penangkaran penyu Saba Asri, I Made Kikik menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rotary Club of Bali Taman yang selalu memberikan bantuan. “Semoga kepedulian ini tidak berakhir sampai di sini. Kami berharap Rotary berlanjut setiap tahun memberikan perhatian untuk pelestarian penyu di sini,” harapnya.

Usai pelepasan tukik, acara perayaan HUT dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur, dengan harapan Rotary Club of Bali Taman ke depan selalu jaya sebagai club terbesar di Bali dengan 65 member dan sukses menjalankan program-programnya di 7 area fokus. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh DG Lina Soeratman.

Pemotongan tumpeng oleh DG Lina Soeratman yang diserahkan kepada President Rotary Club of Bali Taman, Aini Cahyani Sjarifuddin (dua dari kiri). (Foto: igp)

“Kegiatan kali ini luar biasa, semoga bisa menjaga kelestarian penyu agar tidak punah. Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Rotary Club of Bali Taman, mudah-mudahan semua project-nya semakin luar biasa,” ungkap Lina.

Aini Cahyani Sjarifuddin melanjutkan, ke depan club yang dipimpinnya ini tetap fokus pada project pengadaan toilet. Beberapa waktu lalu telah menyumbang sebanyak 44 toilet di Desa Kubu, Karangasem guna mencegah ODF (Open Defecation Free) atau buang air besar sembarangan. Lanjut 27 toilet di Labasari, Kecamatan Abang, Karangasem.

BACA JUGA :  UNUD Terima Kunjungan Politeknik Pariwisata Lombok

“Ke depan kami sudah mendapat support dana dari sponsor untuk membuat 250 toilet di Kubu dan Abang, karena hampir 600-700 KK di sana tidak punya toilet. Project lainnya masih mengacu pada 7 area fokus, seperti membuat cubang, IVA-test gratis, dan tanam pohon,” tutupnya. (igp)

Related Posts