October 25, 2024
BALI

Listrik Tak Padam saat Nyepi, Tim Siaga PLN Siap Tangani Gangguan Urgent

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | “Selamat menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 bagi umat Sedharma yang merayakan,” ucap Manajer Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya saat mengawali kegiatan Temu Media Rutin di Denpasar, Jumat (17/3/2023).

Dikatakan, terkait dengan perayaan Nyepi pada 22 Maret 2023 mendatang, pelayanan PLN tetap seperti biasanya. Hanya saja pelayanan gangguan di lapangan tidak bisa ditangani secara langsung. Ditegaskan bahwa PLN tidak memadamkan aliran listrik di wilayah Bali.

BACA JUGA :  UPT Bahasa UNUD Adakan Seminar IELTS Preparation

“Kecuali di Nusa Penida, saat Nyepi dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 pagi keesokan harinya. Kenapa di sana dipadamkan? Karena menggunakan pembangkit yang menimbulkan suara, dan sesuai kesepakatan aparatur setempat,” kata Arya.

Pihaknya menyampaikan kepada masyarakat jika ditemukan potensi-potensi terjadi gangguan di lingkungan sekitar agar segera melaporkan ke tim PLN Bali sehingga gangguannya tidak muncul saat Nyepi berlangsung. Bagaimana jika terjadi gangguan kelistrikan saat Nyepi? Arya menjelaskan bahwa apabila bersifat urgent seperti kebakaran, maka warga bisa berkoordinasi dengan Pecalang setempat, lalu akan diteruskan ke tim PLN yang siaga untuk terjun ke lapangan.

BACA JUGA :  Resmikan Gedung Pelayanan KIA RS Ngoerah, Presiden Jokowi Terkesima

“Yang sifatnya urgent akan dipandu lewat telepon, karena saat Nyepi biasanya tidak ada sinyal internet,” jelasnya.

Estimasi beban puncak di Bali saat ini mencapai 950 MW. Sebelum pandemi pada tahun 2020, beban puncak hingga 980 MW. Sementara bertepatan dengan Nyepi, estimasi beban puncak sebesar 578 MW karena masyarakat tidak boleh menyalakan lampu terutama pada malam hari. “Sekali lagi tim kami yang telah mendapatkan surat dispensasi dari MDA (Majelis Desa Adat) bersiaga di posko-posko kantor PLN dan kantor jaga, jika ada gangguan kelistrikan silakan hubungi lewat Pecalang,” tutupnya. (igp)

Related Posts