October 25, 2024
BALI

PLN Pastikan Suplai Listrik di Bali Tetap Aman saat Nyepi

LITERASIPOST.COM – Denpasar | PT PLN (Persero) siap mendukung kesucian dan kekhidmatan pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun 2024 dengan memastikan kebutuhan listrik tetap tersedia untuk seluruh pelanggan. Hal ini disampaikan Senior Manager Komunikasi & Umum PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Hamidi Hamid saat Temu Media di Warung Mina Renon, Denpasar, Selasa (5/3/2024).

Hamidi menjelaskan bahwa kondisi subsistem kelistrikan Bali dalam keadaan aman, dengan prediksi beban puncak saat Nyepi mendatang sebesar 919 Mega Watt (MW). “Saat ini neraca daya di sub sistem Bali dalam kondisi aman dengan daya mampu pembangkit mencapai 1.505 MW, hal ini berarti terdapat cadangan daya sebesar 586 MW mencapai 39 persen saat Nyepi mendatang,” katanya.

BACA JUGA :  Bank Mandiri Taspen Beri Kemudahan Bagi Pensiunan UNUD

Ia menambahkan rekor beban puncak tertinggi di Bali yang pernah dicapai adalah sebesar 1.107 MW dan tiap tahunnya saat menyambut Hari Raya Nyepi terdapat penurunan penggunaan listrik oleh pelanggan sebesar 30 hingga 35 persen.

Selain itu, terkait pelayanan PLN, apabila terjadi gangguan akan ditangani sehari setelah Nyepi kecuali yang bersifat mendesak. “Jika ada gangguan, petugas yang bersiaga, akan segera menangani jika memang gangguannya bersifat _urgent_ dengan mekanisme pelanggan melapor atau berkoordinasi dengan Pecalang setempat, dan nantinya petugas yang mengatasi gangguan tersebut akan dikawal oleh Pecalang,” ujarnya.

Terdapat 46 posko dan 218 personel yang siap disiagakan 24 jam demi memastikan keamanan pasokan listrik selama Nyepi berlangsung.

BACA JUGA :  WBD Subak Kulub Atas Tampaksiring Kekeringan, Akademisi UNUD Turun Tangan

Berbeda dengan Pulau Bali, pelanggan di Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan akan melaksanakan Catur Brata Penyepian tanpa pasokan listrik seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sesuai dengan kesepakatan melalui hasil rapat Forum Komunikasi Pimpinan tingkat Kecamatan Nusa Penida. Untuk itu, PLN akan menindaklanjuti dengan memadamkan listrik mulai pukul 08.00 WITA pada 11 Maret 2024 hingga pukul 04.00 WITA keesokan harinya.

“Pemadaman listrik yang telah disepakati ini merupakan salah satu bentuk dukungan PLN untuk menjaga kenyamanan ibadah selama Nyepi berlangsung,” jelasnya.

Terakhir, Hamidi berharap pelaksanaan Hari Raya Nyepi dapat berjalan dengan lancar tanpa satu kendala apapun, tentunya berkat dukungan stakeholder termasuk desa adat dan berbagai pihak. (igp/r)

Related Posts