October 25, 2024
BALI

BBPOM Denpasar Adakan Intensifikasi Pengawasan Pangan Bulan Ramadan

LITERASIPOST.COM – Denpasar | Tim KIE dan Pengawasan BBPOM di Denpasar melaksanakan Intensifikasi Pengawasan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tepatnya Pengawasan Intensif saat Bulan Ramadan. Pada 14-15 Maret 2024, dilakukan pengawasan terhadap 8 sarana yaitu 4 distributor dan 4 supermarket di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Hasilnya tidak ada temuan produk kedaluwarsa/Tanpa Izin Edar/rusak/mengandung Bahan Berbahaya.

“Semua produk pangan olahan yang dijual memenuhi ketentuan,” ujar Kepala BBPOM di Denpasar, IGAA Aryapatni.

BACA JUGA :  Dukung "Green Hospital", SPKLU PLN Hadir di RSUD Bangli

Sementara itu di area penjual pangan buka puasa, yaitu di Masjid Darussalam daerah Ubung, dan Masjid Baiturrahmah Ahmad Yani dilakukan sampling dan pengujian terhadap 24 sampel pangan siap saji yaitu jajan pasar, kolak, es mutiara merah, sambal terasi, pepes ikan laut, sate lilit, pepes cumi dll. Hasil pengawasan menunjukkan semua sampel takjil memenuhi syarat keamanan pangan, tidak mengandung borax, formalin, Rodamin B dan Metanil Yellow.

Kepala BBPOM di Denpasar, IGAA Aryapatni bersama OPD terkait, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan Kota Denpasar terjun langsung melakukan sampling ke area distributor, supermarket dan penjual takjil.

BACA JUGA :  Kapolri: Sikat Semua Ormas Bergaya Premanisme

Kepala BBPOM di Denpasar yang ditemani Pramuka SAKA POM (Pengawasan Obat dan Makanan) menyampaikan imbauan kepada para pedagang takjil untuk senantiasa memperhatikan kebersihan dan prinsip prinsip keamanan pangan.

“Jangan lupa Cek KLIK, Cek Kemasan, Label Izin Edar dan Kedaluwarsa sebelum mengkonsumsi pangan olahan,” tutup Ary. (igp/r)

Related Posts