October 25, 2024
BALI

IKB LSPR Bali Adakan Journalism Short Courses Series 2

LITERASIPOST.COM – DENPASAR | Institut Komunikasi dan Bisnis (IKB) London School of Public Relations (LSPR) Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas wartawan melalui program Journalism Short Courses Series 2. Program ini merupakan lanjutan dari seri kursus singkat yang sukses diselenggarakan sebelumnya, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para wartawan dalam menghadapi tantangan era digital.

Acara yang diselenggarakan di kampus IKB LSPR Bali, Denpasar, Kamis (16/5/2024) ini dihadiri oleh puluhan wartawan/praktisi media dari seluruh Bali. Di era digital ini, kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan tren media sangat penting.

BACA JUGA :  UNUD Adakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual bagi Mahasiswa

Oleh sebab itu, sesi pertama Journalism Short Courses Series 2  ini mengangkat topik “Adaptasi Media dalam Era Digital”, yang membahas bagaimana media massa harus bertransformasi di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Topik tersebut disampaikan oleh Drs. Emanuel Dewata Oja atau yang dikenal dengan sapaan Bang Edo selaku Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali, Asesor Dewan Pers, Wartawan dan Penulis Buku.

Dalam penyampaian materinya, Edo berulang kali mengingatkan wartawan pada prinsip 5M, yakni mencari, memiliki, menyimpan, mengolah dan mempublikasi. “Dengan demikian, wartawan tidak lagi menjadikan media sosial sebagai rujukan media pers. Justru media pers harus mampu menjadi cleaning house atau rumah pembersih terhadap informasi hoaks di media sosial (Medsos),” ujarnya.

BACA JUGA :  Kodim Jembrana Gencarkan Patroli Disiplin Prokes

Salah satu peserta, Putu Darmawan, jurnalis media online Literasi Post, menyatakan, “Program ini sangat bermanfaat bagi kami yang berada di lapangan. Kami mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang cara menggunakan teknologi untuk mendukung pekerjaan jurnalistik, ini sangat relevan dengan kondisi riil saat ini. Saya pun tertarik untuk mengikuti dengan tujuan untuk mengetahui perkembangannya”. (IGP/r)

Related Posts