October 25, 2024
PENDIDIKAN

Gelar Seminar Internasional, FH Unmas Bahas Pariwisata dan Hukum di Masa Pandemi

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Terkenal dengan keindahan alam dan pantainya, Bali menjadi salah satu tempat wisata bagi penduduk dunia. Namun siapa menyangka Pulau Bali yang sebelumnya padat wisatawan lokal maupun mancanegara, kini tertidur pulas akibat dampak pandemi Covid-19 selama 2 tahun belakangan ini.

Dengan melihat situasi dan kondisi yang memprihatinkan tersebut, Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (FH Unmas) Denpasar menggelar International Conference secara daring dengan tema “Law, Investment, Tourism dan Local Wisdom”, Rabu (1/12/2021).

BACA JUGA :  Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa, FKH UNUD Adakan Pembekalan PKMM 2022

Menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal Kementerian Investasi Heldy Satrya Putera, S.E., M.M., Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Made Muliawan, S.E., M.H., Dekan Fakultas Perundang-undangan, Universitas Malaya, Malaysia Prof. Dr. Johan Shamsuddin Bin Hj Sabaruddin, Akademisi Universitas Mumbay, India Lion Dr. Nishi Kant Jha, serta Founder of Bali.com Michael Strobel.

Rektor Unmas Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta dalam sambutannya mengatakan, saat ini diperlukan adanya komitmen dan kesadaran yang penuh dari pemerintah dan masyarakat untuk bersatu padu dalam memerangi pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Buat Keributan di Seminyak, Bule Kanada Dideportasi

“Tidak hanya itu, akademisi di lingkungan perguruan tinggi pun harus hadir guns mendukung pemerintah dalam memulihkan kondisi berbagai aspek kehidupan yang terpuruk, terlebih pariwisata dan perekonomian,” ujarnya.

Selain itu, tujuan kegiatan yang tak lain guna menciptakan pariwisata yang adaptif, berdaya saing dan berkelanjutan dengan tetap mengusung nilai-nilai kearifan lokal masyarakat setempat.

Dikatakan lebih lanjut, tujuan seminar internasional ini adalah untuk mendapatkan informasi serta strategi dalam mengatasi tantangan dan peluang bagi sektor hukum, investasi dan pariwisata di era pandemi.

BACA JUGA :  Fakultas Pertanian UNUD Jalin Kerja Sama Internasional dengan College of Agriculture Ibaraki University dan School Of Agriculture Meiji University

Sementara itu Dekan FH Unmas Denpasar, Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H., M.Hum. menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas terselenggaranya International Conference ini.

Pihaknya mengharapkan setelah acara ini, peserta maupun panitia pelaksana yang semuanya adalah praktisi akademisi bisa menemukan jawaban dan tips guna survive dan berdaya di masa pandemi.

“Tema yang diangkat sudah sangat tepat dalam kondisi sekarang ini. Kami mengambil literasi dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk membantu pemerintah memulihkan pariwisata dan perekonomian dari segi hukum,” ungkapnya.

BACA JUGA :  "Udayana Dentistry Scientific Seminar", HM Kedokteran Gigi FK UNUD Hadirkan Tiga Pemateri

Lanang menegaskan bahwa pandemi Covid-19 ini membawa berbagai macam tantangan dan juga peluang bagi masyarakat Bali khususnya untuk melakukan transformasi.

“Tentunya di sektor pariwisata. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan iklim investasi yang kondusif bagi investor dan menjamin kepastian hukumnya,” tutup mantan Ketua KPU Provinsi Bali ini. (igp/r)

Related Posts