October 25, 2024
PENDIDIKAN

Unud Lepas 474 Wisudawan pada Wisuda ke-145

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Universitas Udayana (Unud) melaksanakan  Wisuda Lulusan ke-145 secara hybrid (luring dan daring) yang dipusatkan di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Sabtu (11/12/2021). Jumlah wisudawan yang dilepas pada periode ini sebanyak 474 orang. Dengan demikian jumlah alumni Unud sampai saat ini sebanyak 106.775 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP menyampaikan wisudawan kali ini terdiri dari 2 orang program Diploma, 113 orang Profesi, 27 orang Spesialis, 227 orang Sarjana (S1), 40 orang Magister (S2) dan 15 orang Doktor (S3). Sebanyak 125 orang meraih predikat Dengan Pujian atau Cum Laude. 56 wisudawan merupakan penerima beasiswa dari 13 penyedia beasiswa. 

BACA JUGA :  Kerja Sama dengan Made Tea, Mahasiswa Prodi TIP FTP UNUD Lakukan Evaluasi Suhu Awal Penyeduhan Teh Serai Wangi

Merujuk Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Profesi, Gelar, serta Cara Penulisannya, PIN hanya diberikan kepada lulusan jenjang Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Unud mulai menerapkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) sejak wisuda periode 139 tahun 2020. Pada periode wisuda 145 ini, dari 474 wisudawan yang dinyatakan eligible PIN sebanyak 280 orang. Total PIN yang sudah diperoleh sampai saat ini sebanyak 3.428 atau 55,9 persen wisudawan selama 7 periode wisuda. Bagi yang belum memperoleh PIN masih menggunakan nomor ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas Udayana yang didaftarkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

“Ke depannya, saya harapkan semua lulusan yang wajib PIN dapat 100 persen sudah menggunakan PIN pada penomoran ijazahnya,” ungkap Wakil Rektor.

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU menyampaikan sudah lebih dari setahun, berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unud mengedepankan pola daring, dan memberi izin kegiatan luring secara selektif. Hal ini ditempuh untuk menjaga keseimbangan antara tingkat capaian kinerja dan tingkat keselamatan.

BACA JUGA :  ITB STIKOM Bali Jalin Kerja Sama dengan Fooyin University Taiwan

“Mengingat banyak lulusan yang membutuhkan ijazah untuk melanjutkan pendidikan maupun keperluan melamar pekerjaan dan laporan kepada instansi tempat bekerja, dengan mengedepankan keselamatan dan perlindungan bagi segenap civitas akademika dan tenaga kependidikan, dan tentunya juga bagi seluruh wisudawan, dengan tidak mengurangi makna, universitas tetap melaksanakan prosesi wisuda bagi lulusan yang telah memenuhi persyaratan,” ungkap Rektor.

Unud juga terus bergerak dan bertransformasi menjadi Kampus Global, Nyaman, Sehat, dan Aman, serta memiliki ekosistem pendidikan yang bermutu, sehingga melahirkan calon profesional yang cerdas, unggul, berkarakter, dan berkontribusi positif bagi pembangunan di daerah maupun nasional. Berbagai percepatan perbaikan dan pengembangan sarana dan prasarana, percepatan Guru Besar, peningkatan kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unud.

BACA JUGA :  RS UNUD Adakan Piodalan di Pura Maha Vidya Dhanavantari

Beberapa Program Studi di Unud telah meraih sertifikasi internasional. Semua upaya tersebut dilakukan tentunya untuk meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing tidak hanya di tingkat lokal maupun nasional, akan tetapi juga di tingkat internasional.

“Kami berharap wisudawan dapat terus berkarya, berinovasi dan berpikiran maju, serta senantiasa memiliki semangat leadership, solidaritas, dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat serta menjadi sosok teladan yang tangguh untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan tetap berlandaskan etika dan norma yang ada,” pungkasnya. (igp/r)

Related Posts