October 25, 2024
PENDIDIKAN

UP3M FT UNUD Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Penilaian CPL Online

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT UNUD) menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Online bagi Koordinator Program Studi dan dosen di lingkungan FT UNUD yang berlangsung secara luring dengan penerapan protokol kesehatan ketat di Aula Wiswakarma Gedung C, FT UNUD Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (11/2/2022).

Ketua UP3M FT UNUD, Dr. Wayan Nata Septiadi, ST., MT dalam laporannya menyampaikan pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) CPL yang sudah dibuat oleh Fakultas Teknik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran semester genap tahun 2022, dan mensosialisasikan cara penilaian ketercapaian CPL pada masing-masing mata kuliah/Praktikum menggunakan SIM CPL (CPL online).

BACA JUGA :  International Peace Day: Komunitas Gema Perdamaian XXI Adakan Doa dan Dialog Damai

Pelatihan ini dibuka oleh Dekan FT UNUD, Ir. I Ketut Sudarsana, ST, Ph.D. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi dan pelatihan ini dilaksanakan untuk menghasilkan keseragaman pemahaman oleh semua dosen di lingkungan FT UNUD bagaimana cara menilai CPL yang dibebankan pada mata kuliahnya sudah tercapai.

“FT UNUD sudah merancang Sim CPL yang terintegrasi dengan kurikulum OBE di IMISSU, dan Sim CPL ini siap diterapkan spada emester genap tahun akademik 2022 untuk mendukung akreditasi IABEE yang direncanakan registrasinya pada tahun 2023,” kata Sudarsana.

Salah satu narasumber. (Foto: ist)

Untuk itu pihaknya meminta seluruh program studi mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam akreditasi IABEE, salah satunya adalah penilaian ketercapaian CPL.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama, Dr. Ir. I Nyoman Setiawan, MT menyampaikan materi Konsep Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pada Mata Kuliah/Praktikum, dipandu oleh Dr. Eng. I Made Gatot Karohika, ST., MT. Narasumber kedua, I Made Arsa Suyadnya, ST., M.Eng. membawakan materi Sosialisasi Panduan SIM CPL yang teritegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) yang dipandu oleh Ni Made Yudantini, ST., M.Sc., Ph.D.

Salah satu narasumber. (Foto: ist)

“Pemahaman konsep penilaian CPL dan penggunaan CPL Online ini sangat penting untuk penjaminan mutu pembelajaran dan Pendidikan di lingkungan FT UNUD,” pungkas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FT UNUD, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST, MASc, PhD dalam sesi diskusi.

Pelatihan ditutup oleh Dekan FT UNUD, seraya menyampaikan apresiasi kepada kedua narasumber. Selanjutnya, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada panitia pelaksana dan keseriusan seluruh peserta pelatihan dengan harapan penilaian CPL Online tersebut dapat diterapkan dengan baik mulai semester genap tahun 2022 ini. (igp/r)

Related Posts