October 25, 2024
PENDIDIKAN

FKH UNUD Rancang RSH Bertaraf Internasional

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Rapat Tim Pengembangan Rumah Sakit Hewan (RSH) FKH Universitas Udayana (UNUD) berlangsung di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung FKH UNUD, Jalan Sudirman Denpasar, Senin (7/3/2022). Rapat dipimpin oleh Dekan FKH, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarta, M.Si dan dihadiri oleh para wakil Dekan, Koordinator Tata Usaha, Ketua Tim Pengembangan RSH beserta anggota dan I Wayan Armuja, ST selaku Tim Arsitek yang akan terlibat dalam pembangunan RSH tersebut.

Rapat dibuka oleh Dekan yang dilanjutkan dengan pemaparan spesifikasi dan bentuk ruangan RSH yang berstandar internasional. Ketua Tim Pengembangan RSH UNUD, Prof. Dr. drh. I Ketut Puja, M.Kes memaparkan spesifikasi bentuk dan ukuran ruang yang harus ada di dalam standar RSH yang akan dibangun dan disesuaikan dengan standar minimal yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian RI No. 3 Tahun 2019 tentang Standar Jasa Pelayanan Medik Veteriner.

BACA JUGA :  Soroti PTN-BH, Mahasiswa UNUD Gelar "Angkringan Berdialog"

“Idealnya semua kegiatan medik dilaksanakan dalam satu lantai untuk menghindari terlalu banyak mobilitas hewan yang sedang dalam penanganan medik. Untuk rawat inap dan penitipan akan dilakukan di lantai 2, sedangakan lantai 3 dan 4 akan digunakan untuk laboratorium dan penunjang layanan medik lainnya,” paparnya.

Tim Arsitek kemudian menerjemahkan paparan dari Ketua Tim pengembangan RSH untuk kemudian dibuatkan sketsa atau gambar RSH tersebut. Dari pertemuan ini juga diputuskan bahwa Tim Pengembangan RSH dan Tim Arsitek pun melakukan peninjauan langsung lahan yang akan dibangun RSH dan penunjangnya seluas 6.000 m² berlokasi di Komplek Kampus UNUD Bukit Jimbaran pada Selasa (8/3/2022) agar bisa dihasilkan gambar yang tepat sesuai dengan bidang lahan. Bangunan RSH direncanakan berlatai 4 dengan ukuran 16×48 meter. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas667-Giat-Fakultas-Kedokteran-Hewan-Unud-mempersiapkan-Rumah-Sakit-Bertaraf-Internasional.html

Related Posts