March 8, 2021
POLITIK & INSTANSI

Atasi Banjir, Jaya Negara Resmikan Normalisasi Tukad Pangrarungan

LiterasiPost.com, Denpasar –
Pemkot Denpasar terus merancang beragam upaya untuk pencegahan banjir berkelanjutan. Kali ini dilaksanakan Normalisasi Muara Tukad Pangrarungan. Kegiatan yang merupakan kerjasama Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar tersebut pengerjaannya mulai diresmikan oleh Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Kawasan Pemelisan, Desa Adat Kepaon, Jumat (5/2/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Mariadi Utama, Ketua Komisi III DPRD Bali, AA Ngurah Adhi Ardana, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja serta undangan lainya dengan disiplin penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Masa PPKM, Jumlah Penumpang Bandara Ngurah Rai "Drop"

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Mariadi Utama mengatakan Program Normalisasi Tukad Pangrarungan ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mendukung percepatan penanganan banjir di Kota Denpasar. Hal ini mengingat sering terjadi banjir di beberapa wilayah pemukiman Desa Pemogan, Desa Adat Kepaon termasuk di kawasan Pura Dalem Watugunung.

“Mengingat masih sering terjadi banjir di beberapa wilayah, maka dipandang perlu untuk melaksanakan normalisasi sungai, sehingga mampu memperlancar aliran air sungai di muara,” jelasnya.

BACA JUGA :  Temu Media, Pangdam Tekankan Kesadaran Cegah Covid-19

Dikatakannya, saat ini telah diindentifikasi bahwa beberapa masalah terjadi di muara Tukad Pangrarungan. Yakni sedimentasi, sampah yang menumpuk serta ranting pohon yang menghambat alur sungai.

“Tentu dari pelaksanaan kegiatan ini akan secara berkelanjutan sehingga dengan lancarnya alur air sungai dapat mendukung percepatan penanganan banjir dan genangan saat intensitas hujan tinggi dan air laut pasang,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kodam IX/Udayana Dukung Vaksinasi Perdana Covid-19

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengucapkan terimakasih atas kerjasama lintas sektor ini. Dimana, dengan adanya normalisasi Tukad Pangrarungan ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan di muara Tukad Pangrarungan. Hal ini utamanya terkait dengan sedimentasi dan sampah yang menghalangi alur sungai. Sehingga maksimalnya kegiatan tersebut dapat mendukung percepatan penanganan banjir berkelanjutan di Kota Denpasar.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama lintas sektor ini, sehingga diharapkan normalisasi Tukad Pangrarungan ini mampu memperlancar alur dan aliran air di sungai yang memberikan dukungan terhadap penanganan banjir berkelanjutan di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara. (igp/r)

Related Posts