May 12, 2021
POLITIK & INSTANSI

BPK Apresiasi Pemkot Denpasar Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

LiterasiPost.com, Denpasar –
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyerahkan laporan keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2020 kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto di kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, Renon Denpasar, Jumat (26/3/2021).

Agenda penyerahan laporan keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2020 oleh pemerintah daerah se-Provinsi Bali serta penyerahan Ikhtisar Hasil Pemeriksanaan Daerah Tahun 2020 oleh BPK Perwakilan Provinsi Bali. Pada kesempatan tersebut hadir juga Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan bupati/wali kota se-Provinsi Bali.

BACA JUGA :  KMB Siap Kawal Program Paslon AMERTA untuk Perubahan

Kepala BPK RI Perwakilan Bali, Sri Haryoso Suliyanto menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Denpasar yang telah mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan delapan kali berturut-turut.

“Laporan keuangan Pemda di Bali dalam kurun waktu lima tahun terakhir dengan opini WTP. Pemkot Denpasar mempertahankan WTP delapan kali berturut-turut, dan beberapa kabupaten di Bali yang tetap mampu mempertahankan opini WTP,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dukung Penerapan Prokes, Kodim Karangasem Pasang Wastafel di Area Pura Subaga Kertha

Dikatakannya, BPK RI Perwakilan Bali terus mendorong Pemda di Bali agar perolehan opini WTP dapat tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Langkah ini tentunya dengan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia yang baik serta pengelolaan teknologi informasi. Karena ke dua bidang ini sangat mempengaruhi pengelolaan dan solusi dalam penyelesaian masalah saat ini.

Dalam pertemuan ini BPK RI Perwakilan Bali juga menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Daerah (IHPD) yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada gubernur untuk melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota dan tugas pembantu oleh daerah kabupaten/kota.

BACA JUGA :  Tiga Perupa Bali Gelar Pameran "Segi-Tiga"

Sementara bupati/wali kota untuk melaksanakan evaluasi dan benchmarking, serta DPRD untuk mengawasi pelaksanaan APBD. IHPD juga mencakup hasil pemeriksaan atas BUMD, serta menyajikan hasil pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan dan pemantauan penyelesaian ganti kerugian daerah.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Bali beserta tim atas bimbingan, arahan dan tuntunan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Sehingga jajaran Pemkot Denpasar dapat menyajikan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA :  Amankan Program AMERTA, Warga Sesetan Siap Coblos Nomor 2

Di samping itu ke depannya dapat lebih baik dalam pengelolaan keuangan daerah. “Kami mohon bimbingan ke depan dan diarahkan, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme dalam laporan keuangan setiap tahunnya,” ujar Jaya Negara. (igp/r)

Related Posts