February 26, 2024
PENDIDIKAN

Diikuti 28 Negara, UNUD jadi “Host” Empat Event Bergengsi

LITERASIPOST.COM, JIMBARAN | Universitas Udayana (UNUD) menjadi tuan rumah penyelenggaraan empat event berskala nasional dan internasional, yaitu International Science and Invention Fair (ISIF), Invention and Innovation Fair (IIF), National Research Teacher Competition (NRTC), dan International Research Teacher Competition (IRTC) 2023. Opening ceremony semua event tersebut berlangsung di Auditorium Widya Sabha UNUD – Kampus Jimbaran pada 7 November 2023, dan akan berlangsung hingga 11 November 2023.

BACA JUGA :  Melalui LPPM IPACOE, LPPM UNUD Fasilitasi Kebutuhan Air Warga Dusun Kedampal Karangasem

ISIF, IIF, NRTC, dan IRTC diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), dan penyelenggaraan kali ini bekerja sama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) UNUD. President of IYSA, Deni Irawan menyampaikan dari empat event itu, ISIF merupakan yang terbesar dan kali ini memasuki penyelenggaraan ke-5.

President of IYSA, Deni Irawan. (Foto: Literasipost)

“ISIF memang selalu dan spesial kami adakan di Bali, yang pertama pada tahun 2019, lalu tahun 2020 dan 2021 kami adakan secara online karena pandemi, kemudian lanjut tahun lalu kami selenggarakan kembali, dan tahun ini bekerja sama dengan KUI UNUD,” ujar Deni.

Pesertanya lebih dari 600 tim yang berasal dari 28 negara. 10 negara di antaranya datang secara langsung ke Bali, yakni Kazakhstan, Uzbekistan, Hongkong, Malaysia, Iran, Meksiko, Rumania, Singapura dan Indonesia. Sedangkan sisanya mengikuti secara online.

BACA JUGA :  UNUD Sambut Program Praktisi Mengajar Kemendikbudristek 2022

Sementara itu Wakil Rektor UNUD, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes, menyatakan penyelenggaraan event ini diawali dengan MoU antara UNUD dan IYSA. Dengan kerja sama ini diharapkan akan mendukung program internasionalisasi UNUD.

“Lewat event ini nama UNUD akan dikenal di mancanegara, ada 28 negara yang ikut kali ini, kesempatan kita memperkenalkan segala potensi yang menjadi keunggulan UNUD, sehingga mereka makin mengenal tentang UNUD, dengan harapan nantinya mereka bisa terlibat lebih banyak di program-program internasional kita,” ungkap Adiatmika. Nantinya, UNUD ingin menjajaki kerja sama internasional dengan para peserta luar negeri.

Wakil Rektor UNUD, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes. (Foto: Literasipost)

Koordinator KUI UNUD, PAA Senja Pratiwi, Ph.D menambahkan bahwa pada penyelenggaraan event ini, UNUD hanya sebagai host (tuan rumah) dan juga judges (juri). “Kita (UNUD) tidak ada mengirim peserta, kita hanya sebagai tuan rumah, memfasilitasi dan beberapa juri dari kita,” sebutnya. (igp)

Related Posts