May 10, 2021
POLITIK & INSTANSI

Hemat Rp1,5 Miliar Lebih Saat Pilwali 2020, Jaya Negara Apresiasi Kinerja Bawaslu

LiterasiPost.com, Denpasar –

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Denpasar pada Pemilihan Walikota (Pilwali) tahun 2020 lalu berhasil melakukan penghematan anggaran sebesar Rp1.504.440.670. Anggaran yang tersisa tersebut dikembalikan ke kas daerah Kota Denpasar.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Arnata saat audiensi dengan Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (22/4/2021). Turut hadir Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Sunadra.

BACA JUGA :  AMERTA: Denpasar Harus Lebih Maju

Arnata mengatakan pada Pilwali 2020 lalu pihaknya mengajukan rancangan anggaran belanja (RAB) atau kebutuhan anggaran sebanyak Rp7,3 miliar. Dari anggaran sebanyak itu digunakan untuk pelaksanaan pengawasan dan kegiatan Bawaslu sebesar Rp5.795.559.330 sehingga terdapat sisa sebesar Rp1.504.440.670.

“Penghematan anggaran menjadi upaya kami untuk mengelola keuangan daerah secara hati-hati dengan berpedoman azas kebutuhan. Artinya, kami berupaya untuk menghemat secara efektif dan efisien anggaran,” ungkap Arnata.

BACA JUGA :  Pedagang Inginkan Perhatian, AMERTA Rancang Pasar Layak Turis

Arnata dalam kesempatan itu juga menyerahkan laporan penggunaan anggaran kepada Pemkot Denpasar. Pihaknya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dan segenap jajaran termasuk OPD yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung Bawaslu serta bersinergi sehingga pemilihan Walikota Denpasar telah berjalan dengan aman, tertib berintegritas, demokratis dan sehat.

Arnata mengatakan partisipasi masyarakat dalam mendukung pengawasan penyelenggaraan Pilwali 2020 sangat baik.

“Pada Pilwali tahun 2020 kami dimudahkan dengan partisipasi masyarakat dalam pengawasan yang baik, sehingga pelaksanaan Pilwali dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan,” jelasnya.

BACA JUGA :  PAD Denpasar Disalip Gianyar, Paslon AMERTA "Gregetan"

Wali Kota Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu karena Pemilihan Walikota 2020 bisa berjalan lancar, aman dan sukses. Meskipun Pemilihan Walikota dalam situasi pandemi Covid-19 namun bisa tetap kondusif.

Menurut Jaya Negara, penghematan anggaran sebesar Rp1,5 miliar lebih oleh Bawaslu tidak mengurangi kinerjanya. Untuk itu rasa syukur kepada Tuhan harus dipanjatkan karena kerja besar ini bisa dituntaskan dari awal sampai akhir.

BACA JUGA :  Bertambah 48 Orang Positif Covid-19, Masyarakat Terus Diingatkan Prokes

“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar dan seluruh masyarakat Denpasar saya mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu yang menyelenggarakan Pilwali sehingga berjalan dengan lancar, tertib, kondusif dan berintegritas,” ujarnya. (igp/r)

Related Posts