August 1, 2021
PENDIDIKAN

Jadi “Center of Excellence”, SMKN 5 Denpasar Siap Terima Peserta Didik Baru 2021/2022

LiterasiPost.com, Denpasar –
SMK Negeri 5 Denpasar siap membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 setelah turunnya pedoman atau petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali.

Kepala SMKN 5 Denpasar, I Made Buda Astika, SPd. MPd ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/5/2021), mengatakan pada tahun pelajaran ini sekolah yang dipimpinnya akan menerima siswa baru sesuai dengan daya tampung yang ada, yakni sebanyak 19 kelas. Terdiri dari 5 kelas untuk Bidang Keahlian (BK) Akomodasi Perhotelan, 5 kelas BK Jasa Boga, 3 kelas BK Usaha Perjalanan Wisata, 3 kelas BK Seni Tari dan 3 kelas untuk BK Seni Karawitan.

BACA JUGA :  Praktis, Tambah Daya Layanan Paket Listrik 2021 Lewat Aplikasi New PLN Mobile

“Masing-masing kelas terisi 36 orang (siswa), sehingga totalnya sebanyak 658 orang. Jumlah ini sama dengan tahun lalu,” kata Buda Astika.

Dikatakan, PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk jenjang SMK Negeri ini menggunakan 3 jalur, yakni Jalur Zonasi 10 persen, Jalur Afirmasi 30 persen terdiri dari Afirmasi dan Inklusi, serta Jalur Prestasi 60 persen terdiri dari Sertifikat Prestasi 15 persen dan Ranking Nilai Rapor 45 persen.

“Tahun lalu tidak ada Jalur Zonasi, tapi tahun ini ada,” jelasnya.

BACA JUGA :  UN Ditiadakan, SMAN 7 Denpasar Siapkan Ujian Sekolah

Proses pendaftaran melalui 3 tahap, yaitu Tahap I untuk Jalur Afirmasi, Inklusi dan Sertifikat Prestasi pada 14-16 Juni 2021, Seleksi 14-17 Juni, Perankingan 18 Juni dsn Pengumuman pada 19 Juni. Pendaftaran Tahap II untuk Jalur Zonasi dan Sekolah dengan Perjanjian pada 21-23 Juni, Seleksi 21-24 Juni, Perankingan 25 Juni dan Pengumuman pada 26 Juni. Sedangkan pendaftaran Tahap III untuk Jalur Ranking Nilai Rapor pada 28-30 Juni, Seleksi 28 Juni-1 Juli, Perankingan 2 Juli dan Pengumuman pada 3 Juli.

“Proses pendaftaran tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga dilakukan secara online melalui link https://bali.siap-ppdb.com/ namun kami juga memberi kesempatan mendaftar ke sekolah terutama bagi mereka yang tidak bisa melakukan online,” terang Buda Astika.

BACA JUGA :  DKPP Akan Bacakan 13 Putusan, Di Antaranya Menyangkut Ketua Bawaslu Bangli

Pihaknya mengakui minat calon peserta didik baru terhadap SMKN 5 Denpasar cukup tinggi. Terbukti pada tahun-tahun sebelumnya jumlah pendaftar selalu membludak hingga 1.000 orang lebih. Hal ini selain karena faktor ketersediaan bidang keahlian dan kualitas pendidikan yang diberikan, juga SMKN 5 Denpasar menjadi Center of Excellence (Pusat Keunggulan/PK).

“Kami adalah satu-satunya sekolah negeri di Denpasar yang menjadi SMK Pusat Keunggulan,” sebutnya.

BACA JUGA :  Kali Ini, Tempat Cuci Tangan Dipasang di Wilayah Koramil Nusa Penida

Pihaknya pun berharap proses PPDB tahun ini nantinya bisa berjalan lancar, tanpa ada permasalahan yang berarti. (igp)

Related Posts