January 28, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Kebutuhan Tinggi, PDDI Bali Sasar 500 Kantong Darah Hingga Akhir Tahun

LiterasiPost.com, Denpasar –

Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Daerah Bali melaksanakan kegiatan donor darah di aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Sabtu (28/11/2020). Kegiatan kali ini melibatkan PMI Kota Denpasar dan PMI Kabupaten Gianyar.

Ketua Panitia, H. Soetjipto mengatakan kegiatan donor darah ini bertema “Merajut Kasih Bersama Pendonor di Akhir Tahun 2020”. Donor diikuti oleh masyarakat umum dengan target sebanyak 250 kantong darah, yaitu masing-masing 125 kantong oleh PMI Denpasar dan Gianyar.

BACA JUGA :  "KPID Bali Awards 2020" Siap Digelar

“Hingga tutup tahun ini kami rencanakan 500 kantong, dimana 250 kantong lagi kami targetkan saat kegiatan donor darah di Kerobokan pada 13 Desember nanti,” ujar Soetjipto didampingi Sekjen PDDI Bali, Wayan Gede Suardana.

Kegiatan donor darah gencar dilakukan dengan sistem “jemput bola” mengingat selama masa pandemi Covid-19 ini kebutuhan darah khususnya di rumah sakit yang ada di Kota Denpasar cukup tinggi, dan tak sebanding dengan ketersediaan darah. “Di RS Sanglah saja butuh 150 kantong perhari, maka kami (PDDI) membantu untuk menyediakan pasokan darah dan disalurkan melalui PMI, karena jika pasien membutuhkan darah maka harus tersedia,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kasdam IX/Udayana Turut Jalani Vaksinasi Covid-19 Perdana

Diakuinya, di masa pandemi ini sebagian masyarakat masih merasa takut untuk melakukan donor darah, apalagi bila dilakukan di rumah sakit. Namun, pihaknya meyakinkan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan karena protap protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat.

Salah seorang pendonor, Adit dari Tembau Denpasar mengaku pertama kali mengikuti donor darah. Ia bersama orang tuanya tergerak melakukan aksi kemanusiaan ini untuk membantu sesama, utamanya para pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah. “Semoga apa yang kami berikan bisa membantu orang lain yang membutuhkan darah,” ungkap mahasiswa Jurusan Ekonomi tersebut.

Adit, salah seorang pendonor sedang diperiksa. Foto : igp/lp

Ia pun berharap kegiatan donor darah dilaksanakan lebih intens di berbagai tempat guna memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi ini. “Ke depan kalau ada kegiatan seperti ini saya akan donor lagi,” pungkasnya. (igp)

Related Posts