August 1, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Kini, RSUP Sanglah Miliki Unit Transfusi Darah Mandiri

LiterasiPost.com, Denpasar –
RSUP Sanglah Denpasar kini memiliki Unit Transfusi Darah (UTD) secara mandiri. Peresmiannya dilakukan oleh Direktur Utama RSUP Sanglah, dr. I Wayan Sudana, M.Kes yang ditandai dengan pemotongan pita, Senin (21/12/2020).

Selain Direksi, turut hadir pada acara tersebut antara lain Dekan FK Universitas Udayana, Kepala UTD PMI dan pejabat di lingkungan RSUP Sanglah.

BACA JUGA :  Gubernur Koster Dampingi Menparekraf Tinjau Vaksinasi Pekerja

Dalam sambutannya, dr. Sudana menyampaikan keyakinannya dengan adanya UTD ini akan meningkatkan mutu pelayanan di RSUP Sanglah. Untuk itu semua kekurangan yang mungkin masih ada akan segera diprioritaskan untuk disempurnakan.

‘Segala kekurangan yang masih ada akan segera kami sempurnakan, mulai dari sistem, SOP, peralatan,” ujar Sudana.

BACA JUGA :  Semeton Pasek Gelgel dan Kelompok Pengajian Dukung AMERTA

Keberadaan UTD ini akan saling melengkapi dengan UTD PMI yang sudah ada dan bekerja sama dengan RSUP Sanglah selama ini.

Pada kesempatan itu, dr. Sudana juga menyampaikan terima kasih kepada UTD PMI yang sudah membantu meningkatkan kompetensi SDM yang akan bertugas di UTD RSUP Sanglah.

BACA JUGA :  1,5 Tahun Transformasi Jadi Institut, ITB STIKOM Bali Raih Peringkat Cukup Bergengsi Tingkat Nasional

Di akhir sambutannya, pihaknya berpesan agar pelayanan baru ini menjadi perhatian dan benar-benar dimanfaatkan untuk mendukung pelayanan.

“Ini saya titip betul, kita gelontorkan sumber daya yang besar dalam mewujudkan layanan ini. Untuk itu agar semua ini benar-benar dimanfaatkan untuk pelayanan yang lebih baik. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan PMI sehingga kebutuhan darah bagi pasien terlayani dengan baik,” pesannya.

BACA JUGA :  Kasus Covid-19 Naik Lagi, Danrem WSA Ingatkan Masyarakat Bali Patuhi Prokes dan PHBS

Peresmian UTD ini dirangkaikan dengan kegiatan donor darah dalam rangka perayaan HUT ke-61 RSUP Sanglah. Donor perdana ini diikuti oleh 85 pendonor. Hasil dari donor darah ini akan langsung diproses di UTD Sanglah untuk selanjutnya akan didistribusikan untuk pasien yang membutuhkan. (igp)

Related Posts