August 1, 2021
NASIONAL

Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 Dibuka, Targetkan 25 Ribu Pengunjung

LiterasiPost.com, Denpasar
Pameran virtual berskala internasional yang bertajuk “Krista Exhibitions Virtual Expo 2021” resmi dibuka pada Selasa (22/6/2021). Ajang pameran yang kedua kalinya ini menampilkan 6 sektor industri dan berlangsung hingga Sabtu (26/6/2021) mendatang.

Di tengah perlambatan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, pameran virtual menjadi suatu terobosan dan strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di berbagai sektor industri, khususnya industri makanan dan minuman (F&B). Pelaksanaan pameran virtual bertujuan agar para pelaku usaha dapat tetap mempromosikan dan memasarkan seluruh keunggulan produknya di tengah pembatasan fisik pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Dua Tahun Bertransformasi, ITB STIKOM Bali Kini Jadi PTS Terpopuler di Bali-Nusra

“Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam platform pameran virtual dapat membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM agar segera bangkit dari dampak pandemi dan mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ujar CEO PT Kristamedia Pratama, Daud Salim saat acara pembukaan Krista Exhibitions Virtual Expo 2021.

Dikatakannya, 6 sektor industri pada pameran kali ini yaitu Eastfood Indonesia Virtual Expo, Virtual Herbal Jamu Modern & Fitofarmaka Expo, Virtual Coffee & Tea, Virtual Seafood Show, Virtual Cooltech Expo, dan Indo Licensing Virtual Expo 2021.

Pada pameran tahun lalu berhasil menarik sebanyak 12 ribu pengunjung dengan total lebih dari 40 ribu kunjungan. Tahun ini, diharapkan dapat menjangkau 25 ribu pengunjung dengan total 50 ribu kunjungan.

BACA JUGA :  Cegah Monopoli, KPPU Ingin Dilibatkan Pembahasan Holding Ultra Mikro

“Masyarakat dapat terlibat dalam pameran makanan dan minuman ini dengan mengakses dan registrasi di https://eastfood.kristamediaonline.com/ yang dapat diakses melalui gadget ataupun laptop dimana saja,” sebutnya.

Pengunjung Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 berasal dari berbagai segmen dan industri dengan mendatangkan calon buyers dari dalam maupun luar negeri seperti Vietnam, Brazil, Australia, Kazakhstan, Fiji Island, Mexico, India, Prancis, China, Ekuador dan Qatar.

Diikuti lebih dari 150 peserta, baik lokal maupun internasional serta lebih dari 30 pelaku UMKM ikut mempromosikan produknya. Lebih dari 50 acara menarik digelar online selama 5 hari di panggung Krista Exhibitions Virtual Expo 2021.

6 sektor industri pada Krista Exhibitions Virtual Expo 2021. (Foto: igp)

“Selama 5 hari ke depan, pengunjung dapat menikmati rangkaian acara menarik yang menambah semarak pameran di antaranya tersedia panggung utama, seperti conference room, stan pameran dan kelas workshop bagi yang ingin mengikuti Cooking Demo, Baking Demo, Wine Competition maupun sesi seminar yang semua dilakukan secara online atau virtual. Para pengunjung juga bisa menyaksikan Live Cooking Demo oleh para Chef andal seperti Chef Vindex, Chef William Wongso dan juga Baking Demo oleh Chef Yongki Gunawan dan Ny. Liem. Dan juga Live Webinar Krista dengan First Packaging Asia dengan tema “Kemasan Meningkatkan Daya Jual UKM”, Live Webinar bersama ARPI serta Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan tema “Program Penyediaan Infrastruktur Cold Chain di Sektor Kelautan dan Perikanan”,” terang Daud.

Pengunjung Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 juga berkesempatan berinteraksi langsung melalui video call dan live chat dengan peserta pameran. Apabila pengunjung ingin melakukan transaksi pembelian, maka pengunjung dapat membeli produk dan meminta sampel dari produk list yang telah terkoneksi dengan link e-commerce maupun website.

BACA JUGA :  Sambut Nyepi, ITB STIKOM Bali Gelar Pameran dan Lomba Ogoh-ogoh Mini

Selain itu, dari sisi peserta pameran mendapatkan analitik visitor yang real time dan lebih detil mencakup jumlah visitor yang mengunjungi booth per hari, data visitor (nama, perusahaan, no telpon, email), jumlah view brosur/poster/video, jumlah view produk. Para peserta pameran juga dapat bertukar kartu nama dengan visitor. Kemudahan lainnya yang didapatkan oleh peserta pameran yaitu dapat mengupload dan mengatur sendiri file poster, brosur, foto produk & preview langsung di booth virtualnya.

Bagi saya selaku penulis sekaligus pengunjung pameran, Darmawan, Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 merupakan event yang luar biasa dengan memberikan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

BACA JUGA :  Kapolri Terbitkan Maklumat Larangan Kegiatan dan Atribut FPI

“Jujur, ini pengalaman pertama saya menjelajah pameran virtual. Ternyata mengesankan dan cukup efisien dari segi waktu. Bayangkan, kalau ini pameran riil (offline) pasti akan lelah berkeliling dan belum tentu semua stan bisa kita kunjungi. Tapi di pameran ini dapat dengan mudah kita temui, baik itu stan maupun hiburannya,” ungkap Darmawan.

Acara pembukaan Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 juga dihadiri Kementerian Perdagangan Muhammad Lutfi dan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim. (igp)

Related Posts