February 1, 2023
PENDIDIKAN

Mahasiswa Prodi TPB FTP UNUD Sabet Juara 3 Bidang PKM-KC

LITERASIPOST.COM, JIMBARAN | Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana berhasil memenangkan Juara 3 pada Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa 2022 Universitas Udayana dalam bidang PKM-KC. Mahasiswa yang berhasil memenangkan juara tersebut terdiri dari  Irnando Ferdinand Franciscus Silaban, Ni Luh Gede Enjelina Ayu Maheswari, Yunita Kusumaning, I Nyoman Teguh Yudha Kusuma, dan I Made Mickey Yogi Ajna Karuna.

Judul PKM-KC yang diajukan oleh Tim dari Mahasiswa Prodi TPB FTP Unud adalah Limbah Mulsa Plastik Sebagai Alternatif Bahan Bakar Minyak Berbasis Ekonomis dibawah bimbingan Dr. I Putu Surya Wirawan, S.TP, M.Si. Luaran yang diharapkan dari ide yang diajukan nantinya menghasilkan Bahan bakar baru yang berasal dari pengolahan plastik mulsa dan Publikasi ilmiah di jurnal nasional. 

BACA JUGA :  NIVEA Sun Dukung Pariwisata Bali Terapkan Wisata Aman dan Taat Prokes

Ni Luh Gede Enjelina Ayu Maheswari selaku perwakilan dari Tim melaporkan bahwa Penanganan terhadap limbah plastik khususnya limbah plastik mulsa terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada, salah satunya dengan mengubah limbah plastik mulsa menjadi bahan bakar minyak yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif kedepannya sekaligus menjadi salah satu solusi terbaik dalam menanggulangi limbah plastik mulsa yang banyak digunakan oleh petani. Selain itu, ia juga mengaku senang dan bangga dengan pencapaian yang didapatkan oleh timnya, namun ia beserta tim juga mengatakan akan tetap berlatih dan berproses agar kedepannya dapat menghasilkan Program Kreativitas Mahasiswa yang lebih baik dan mampu menjadi pemenang pada ajang dan kompetisi serupa, ujarnya. (igp/r)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2321-Keren-Mahasiswa-Prodi-TPB-FTP-Unud-Sabet-Juara-3-dalam-Bidang-PKM-KC.html

Related Posts