July 28, 2021
PENDIDIKAN

Pemenang Denpasar Innovation Day 2021 Diumumkan, Rai Mantra Ajak Generasi Milenial Terus Kreatif

LiterasiPost.com, Denpasar –
Denpasar Innovation Day (DID) 2021 merupakan salah satu perlombaan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka memperingati hari jadi Kota Denpasar yang ke-233. Lomba ini merupakan ajang untuk menjaring solusi inovatif “Generasi Milenial” seluruh Bali dalam menciptakan karya inovasi yang berdampak pada kehidupan masyarakat luas, khususnya solusi dalam penanganan dan membangkitkan sektor-sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Karya inovasi akan menjadi solusi bagi permasalahan di lingkungan, sesuai dengan tema, yaitu “Creativity and Innovation in the Pandemic”.

BACA JUGA :  Pembangunan Gedung Sapras Polres Karangasem Dimulai, Kapolda: Jangan Berani Mengurangi Spesifikasinya

Setelah melalui tahapan yang panjang, pemenang DID 2021 resmi diumumkan. Pengumuman 10 pemenang dari tiga kategori dihadiri langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra secara virtual di Kediaman Walikota Denpasar, Rabu (9/2/2021).

Walikota Rai Mantra memberikan apresiasi atas pelaksanaan DID yang kedua ini, sekaligus membuktikan bahwa di masa pandemi ini ternyata generasi muda di Bali khususnya di Denpasar tetap bersemangat dalam berinovasi dan berkreativitas. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba, yang menampilkan inovasi-inovasi terbaik oleh peserta katagori SMP, SMA maupun umum meliputi mahasiswa dan masyarakat.

BACA JUGA :  Inflasi Bali Melandai pada April 2021, BI Minta TPID Tetap Konsen

Animo yang tinggi ini sekaligus membuktikan bahwa generasi milenial yang inovatif dan kreatif ini, ingin berkontribusi melaui ide-ide sederhana dan bermanfaat, tidak saja bagi pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat denpasar, tetapi juga bagi perkembangan diri sendiri.

“Saya berpesan kepada seluruh generasi millenial di Bali khususnya di Denpasar bahwa kreativitas dan inovasi tidak boleh mati, karena tidak kreatif dan tidak inovatif sama artinya dengan kalah dengan menghadapi kehidupan. Saya pernah sampaikan, kita tidak salah bila Kere-aktif menjadi sebuah kata yang penuh makna, meskipun kere asalkan tetap aktif, maka itulah yang akan survive,” tegas Rai Mantra.

BACA JUGA :  Tuntaskan Vaksinasi Siswa, Yayasan Dwijendra Siap Terapkan Belajar Tatap Muka

Rai Mantra juga mengucapkan terimakasih kepada juri yang terdiri dari unsur akademi, praktisi dan industri, termasuk juri dari UNESCO dan Smartfren yang telah mendukung Pemerintah Kota Denpasar dalam menjaring inovasi-inovasi terbaik karya generasi milenial. Diharapkan kepada pemenang agar inovasinya bisa terus dikembangkan untuk menciptakan produk inovasi yang berdaya saing, dan tidak merasa bosan untuk terus berinovasi.

Sementara, Kapala Balitbang Kota Denpasar, Putu Naning Djayaningsih mengatakan di era digital seperti saat ini perubahan pasti terjadi. Untungnya, generasi milenial sangat peka dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Kenyataan ini memberikan banyak pilihan bagi mereka untuk mengembangkan karir, bakat, dan minat. Bukan hanya pada jenis pekerjaan, pola kerja mereka juga berubah seiring dengan perkembangan digitalisasi, terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

BACA JUGA :  Kampus Jadul Bakal Digilas Kampus Online, Butuh Rektor "Perusak" Kampus

“Walaupun di tengah masa pandemi, para pelaku industri maupun generasi muda memperluas wawasan dan mengasah keterampilan, sehingga nantinya dapat menciptakan terobosan atau pola bisnis yang mampu beradaptasi dengan situasi, terlebih saat ini kita berada pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Untuk diketahui, tahapan kegiatan yang sudah terlaksana sejak Desember 2020 lalu diikuti oleh 155 peserta. Terdapat empat kategori yakni SMP sebanyak 25 orang, SMA 25 orang, dan umum sebanyak 105 orang.

Adapun 10 pemenang untuk Kategori Pelajar SMP berturut-turut dari Juara I, II dan III yakni Anak Agung Istri Yuri Pratista Savitri, Gede Aria Arsa Wibawa dan Agnesheia Sheshilia Febry Ayuda. Katagori SMA yaitu Ni Putu Diva Mahayanti GH, Kadek Cahyani Krishna Dewi dan Ni Putu Gesika Hilliana Dewi.

Sedangkan Katagori Umum yaitu Bagus Ngurah Alit Putra Wiryawan, Cok Istri Agung Wulandari dan Nyoman Gede Tryadhi Putra Setiawan. Dan satu Juara Favorite berdasarkan jumlah like video DID terbanyak di Instagram yakni I Ketut Andika Pradnyana. (igp/r)

Related Posts