February 26, 2024
PENDIDIKAN

Peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional di Denpasar: Guru Harus Tetap Belajar!

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | PGRI Kota Denpasar menyelenggarakan peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2023 bertempat di aula SMK PGRI 3 Denpasar, Senin (27/11/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan guru semua jenjang sekolah serta para penerima penghargaan.

Ketua PGRI Kota Denpasar, Ketut Suarya, M.Pd menyampaikan saat ini tugas guru semakin meningkat dan harus mengikuti perkembangan zaman. Ilmunya bagaikan air yang mengalir tanpa batas, yang menandakan bahwa ilmu tersebut tidak akan bisa dihilangkan, justru terus mengalir.

Penyerahan penghargaan kepada guru berprestasi. (Foto: Literasipost)

“Itulah sebabnya, meski sudah menyandang tugas sebagai guru, tetap terus belajar sesuai amanat Merdeka Belajar. Proses belajar tidak hanya di sekolah saja, antara guru dengan siswa saja, tapi setiap kesempatan itu adalah proses belajar,” ujar Suarya.

Hari Guru tahun ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”, dengan harapan para guru terus berusaha bersama siswa dan pemerintah menumbuhkan semangat untuk mengutamakan proses belajar mengajar agar semua yang terjun di dunia pendidikan bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Dari sanalah PGRI Pusat membuat tema perayaan HUT ke-78, yaitu “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju”. Para guru diharapkan selalu ingat dan tidak berhenti belajar agar mampu meningkatkan kualitas diri sesuai perkembangan zaman saat ini.

BACA JUGA :  Komitmen Dukung Start Up Tanah Air, Pertamina Gelar Pertamuda: Seed & Scale Up 2022

“Guru harus bisa menerapkan prinsip Sudha, Sidhi, Sidha dan Sadhu. Sudha artinya kesucian pikiran/tidak marah, Sidhi artinya pintar/cerdas, Sidha artinya lancar menjalankan tugas dan kewajiban, dan Sadhu berarti guru yang bijaksana,” sebutnya.

“PGRI menjadi tempat para guru untuk menyatukan pikiran, memastikan tingkah laku dan timbang rasa sehingga guru bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini. Ini sekaligus sebagai bukti bahwa PGRI sudah menjalankan semangat Pemerintah Kota Denpasar ‘Wasudewa Kuthumbakam’, kita di sini bersaudara,” tegas Suarya.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menyampaikan PGRI telah mampu menggerakkan guru pendidik dan tenaga kependidikan untuk melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter khususnya di Kota Denpasar. PGRI hadir sebagai wadah yang tepat untuk menyatukan para pendidik dalam menghadapi berbagai tantangan di era modern. “Para guru hendaknya terus bertransformasi dan beradaptasi dalam perkembangan zaman melalui peningkatan literasi digital serta pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu yang efektif dalam pembelajaran,” ungkap Wali Kota.

BACA JUGA :  Atlet Renang UNUD Raup Medali di POMNAS XVIII

Melalui peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 diharapkan seluruh guru di Kota Denpasar terus mendedikasikan diri demi kemajuan pendidikan sehingga dapat melahirkan generasi cerdas berkualitas. “Orang hebat bisa menghasilkan karya yang bermutu tapi guru yang bermutu bisa menghasilkan orang yang hebat. Oleh karena itu tingkatkanlah selalu kapasitas dan pengetahuan dalam mendidik anak bangsa,” imbuhnya.

“Dengan semangat ‘Vasudaiva Kutumbakam’, mari kita tumbuhkan semangat perjuangan dan komitmen dalam mencerdaskan anak bangsa melalui peningkatan dunia pendidikan di Kota Denpasar,” pungkas Wali Kota. (igp)

Related Posts