March 9, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Poltekkes Kemenkes Denpasar Dukung Vaksinasi Covid-19 Masal

LiterasiPost.com, Denpasar –
Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Provinsi Bali menggelar vaksinasi masal tahap pertama bagi tenaga kesehatan (Nakes) dan semua yang bertugas di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang belum mendapatkan vaksinasi. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu pada 4-5 Februari 2021.

Di Kota Denpasar, vaksinasi masal dilaksanakan di 3 lokasi, salah satunya adalah Kampus Poltekkes Kemenkes Denpasar, Jalan Sanitasi, Sidakarya, Denpasar Selatan.

BACA JUGA :  Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Denpasar Lampaui Kasus Positif

Wakil Direktur II Poltekkes Kemenkes Denpasar, I Dewa Putu Gede Putra Yasa, S.Kp., M.Kep., Sp.MB menyampaikan bahwa Poltekkes Kemenkes Denpasar sebagai salah satu UPT dari Kementerian Kesehatan RI yang menyelenggarakan pendidikan kesehatan mendapat instruksi langsung untuk mendukung dan menyukseskan gerakan vaksinasi Covid-19 masal tahap pertama bagi Nakes ini.

“Dalam hal ini, kami menyediakan tempat untuk vaksinasi. Dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Benoa, RSUP Sanglah, RS Prima Medika, RS Harapan Bunda dan RSUD Bali Mandara. Kami bersama-sama dalam satu tim menyelenggarakan vaksinasi masal ini,” ujar Dewa Putu Gede Putra Yasa didampingi I Nyoman Gejir, S.Si.T, M.Kes selaku Wakil Direktur III, Kamis (4/2/2021).

BACA JUGA :  535 Nakes di Denpasar Telah Ikuti Vaksinasi Covid-19

Dalam pelaksanaan vaksinasi masal ini disediakan 4 set tempat, masing-masing meja pertama untuk pendaftaran, meja kedua untuk skrining, meja ketiga untuk vaksinasi, dan meja keempat untuk pemantauan (observasi) selama 30 menit.

“Kami siagakan dokter spesialis/PPDS yang siap menangani KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Terdapat beberapa bed dan obat-obatan untuk mengantisipasi efek atau reaksi dari vaksin. Lalu saat peserta pulang diberikan kartu vaksinasi,” jelasnya.

Ditambahkannya, vaksinasi dilakukan dalam dua shift, yaitu shift pertama pada pukul 09.00-11.00 WITA, dilanjutkan shift kedua pada pukul 11.00-14.00 WITA. Registrasi dibuka hingga pukul 14.00 WITA sedangkan pelaksanaan vaksinasi dilakukan hingga pukul 16.00 WITA.

“Target kami dalam sehari adalah 500 orang yang divaksin. Harapan kami semoga target pemerintah bisa tercapai dan vaksinasi ini bisa kami laksanakan dengan baik,” ungkap Dewa Putu Gede Putra Yasa.

BACA JUGA :  Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Prima Medika Hospital Siap Layani Vaksinasi Bagi Masyarakat

Dalam upaya membantu pemerintah untuk mengatasi penyebaran Covid-19, Poltekkes Kemenkes Denpasar telah melaksanakan berbagai kegiatan sejak tahun 2020 berupa pengabdian masyarakat. Bahkan, hampir 50 persen kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diarahkan untuk penanganan Covid-19, seperti memberikan edukasi kepada masyarakat, pemasangan banner-leaflet-pamflet, serta pembagian hand sanitizer dan masker.

“Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan kami telah menyebar 4.000 masker pada Agustus lalu. Tahun ini kami juga akan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga kami selaku UPT Kemenkes tetap berperan aktif dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 dan tentunya kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di kampus,” pungkasnya. (igp)

Related Posts