June 15, 2024
PENDIDIKAN

Puncak Dies Natalis ke-19, ITB STIKOM Bali Bertabur Capaian Gemilang dan Terobosan Baru

LiterasiPost.com, Denpasar | Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali menggelar puncak Dies Natalis ke-19 bertempat di aula kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Selasa (10/8/2021). Acara ini berlangsung melalui luring dan daring sehingga bisa diikuti oleh seluruh civitas akademika.

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan dalam paparannya menyampaikan di usia satu tahun menjelang dwidasawarsa ini, eksistensi ITB STIKOM Bali telah diakui oleh berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, baik instansi pemerintah maupun swasta, bisnis maupun sosial, masyarakat biasa maupun tertentu, lokal, nasional maupun internasional.

BACA JUGA :  Gelar FGD, LPPM UNUD Bahas Renstra Pengabdian 2022-2026

Dadang juga membeberkan sejumlah pencapaian ITB STIKOM Bali sejak Agustus 2020 hingga Juli 2021, di antaranya masuk rangking 117 nasional dari 4.593 perguruan tinggi se-Indonesia dan menjadi kampus terpopuler nomor 1 dari 161 PTS di Bali – Nusa Tenggara berdasarkan Webometrics Rangking of World Universities. Demi menjaga kualitas penjaminan mutu, sejak 15 tahun yang lalu melaksanakan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang telah tersertifikasi secara internasional melalui sertifikasi ISO 9001-2000, 9001-2008 dan saat ini 9001-2015.

“Salah satu tugas dari bagian penjaminan mutu adalah melaksanakan survei kepuasan mahasiswa di samping kepuasan alumni, orang tua, dunia usaha, dosen dan tenaga kependidikan,” kata Dadang yang juga berulang tahun bertepatan dengan Dies Natalis ini.

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan. (Foto: igp)

Yang terbaru adalah ITB STIKOM Bali menajlin kerja sama dalam Program Internship atau magang secara daring dengan Lithan EduClass Singapore yang dikaitkan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dalam waktu dekat, kampus yang memiliki motto “Always the First” ini akan membuka beberapa program studi baru yakni Data Science (S1), Cyber Security & Forensics (S1), Alih Jenjang dari Prodi D3 ke D4 serta Program S2 Magister Sistem Informasi.

“Kami juga telah memenangkan 6 Program Kemitraan Masyarakat Ristekdikti selama periode 2020-2021,” ungkapnya.

Terobosan baru lainnya adalah giat Desa Binaan di Desa Kenderan Tegallalang Gianyar. Selama 5 tahun ke depan akan dipilih 6 Desa Binaan lainnya yang menjadi konsentrasi pelaksanaan Pengabdian Masyarakat. Sampai saat ini ITB STIKOM Bali telah bekerjasama dengan 189 mitra dari kalangan pemerintah, BUMN, industri dan perbankan.

BACA JUGA :  Mahasiswa Farmasi FMIPA UNUD Raih Juara 1 Video Edukasi Pharmaplast 2023

Lebih lanjut dikatakan Dadang, perolehan hibah dan proyek dari pemerintah dan BUMN sejak Agustus 2020 hingga Juli 2021 sebesar Rp2,7 miliar lebih yang semua didistribusikan kepada dosen sekitar 39%, lembaga 1% dan mahasiswa 60%.

Sementara Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti (WDS) Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, MA menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas pencapaian ITB STIKOM Bali selama ini. Pihak yayasan yang menaungi 30 unit kegiatan belajar dan perusahaan ini akan terus mendukung ITB STIKOM Bali agar semakin berkiprah ditataran lokal, nasional dan global.

BACA JUGA :  UNUD Terima Kunjungan Tim Pusat Prestasi Nasional

“Selamat Ulang Tahun ke-19 ITB STIKOM Bali, semoga tetap menjadi kampus yang pertama dan terbaik untuk pendidikan IT dan bisnis di Bali dan Tanah Air,” ucapnya.

Acara ini turut dihadiri Ketua Yayasan WDS, Drs. IB Dharmadiaksa, M.Si.Ak dan ditandai dengan pemotongan tumpeng. (igp)

Related Posts