April 23, 2021
PENDIDIKAN

Sari Galung: Ujian Sekolah Lewat Daring, Kelulusan Siswa Ditentukan dari Nilai Raport

LiterasiPost.com, Denpasar –
Anggota Komisi IV DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan, Ni Wayan Sari Galung, S.Sos menanggapi terkait pelaksanaan ujian sekolah untuk tingkat SMA/SMK se-Bali sesuai Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Sekolah oleh Satuan Pendidikan. Dan Surat Edaran (SE) Kemendikbud Nomor 1 tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan (UK) di masa pandemi Covid-19.

Dikatakan, ujian sekolah akan dilaksanakan serentak pada 16 Maret 2021 secara daring. Begitu juga terkait kelulusan peserta didik akan ditentukan dari nilai raport.

BACA JUGA :  SMKN 5 Denpasar Gelar UKK dan UK LSP P1

“Penentuan kebijakan tersebut sudah sesuai hasil rapat bersama MKKS SMA dan MKKS SMK se-Bali pada 10 Pebruari 2021,” terangnya, Senin (1/3/2021).

Lanjut Sari Galung, ujian sekolah akan dilakukan dalam bentuk portofolio yang merupakan hasil evaluasi atas hasil raport dari semester 1 sampai semester 5, dan juga diikuti dengan nilai harian semester 6.

“Dimana hasil ujian sekolah juga akan dinilai dari hasil evaluasi nilai rapot, nilai sikap/perilaku, serta hasil prestasi yang diperoleh sebelumnya seperti prestasi di akademik maupun non akademik,” ucapnya.

BACA JUGA :  Menteri PPPA Bicara Pemberdayaan Perempuan Pada Seminar Dwijendra University

Sari Galung menyampaikan, agar pelaksanaan ujian sekolah lewat daring bisa berjalan dengan baik, maka diharapkan dari pihak sekolah dan juga guru pengajar lebih proaktif dalam menyesuaikan situasi kondisi nantinya.

Selain itu, pihak sekolah juga mengingatkan kepada orang tua siswa sebelum dilaksanakan ujian sekolah nanti agar bisa menyiapkan segala sesuatunya seperti kuota pulsa atau lainnya dengan tujuan agar anak didiknya ketika mengikuti ujian sekolah tidak ada komentar,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Prodi P2WL UNMAS Tawarkan Kerja Sama Atasi Sampah di Denpasar

Sari Galung juga berharap agar dalam pelaksanaan ujian sekolah, pihak sekolah dan orang tua siswa bisa saling bersinergi. Paling tidak nantinya bisa ikut berperan dalam menyukseskan pelaksanaan ujian sekolah agar bisa berjalan dengan baik tanpa terkendala.

“Semoga dalam pelaksanaan ujian sekolah nanti para peserta didik bisa lulus 100 persen dengan pencapaian nilai terbaik di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (igp/r)

Related Posts