May 27, 2024
PENDIDIKAN

Senat Mahasiswa FH Unmas Denpassr Sukseskan Ganesa Maba 2021

LiterasiPost.com, Denpasar | Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (FH Unmas) Denpasar sukses menggelar pengenalan kampus kepada mahasiswa baru pada 3-4 September 2021.

Rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa BEM dan BPM FH Unmas Denpasar bersama Panitia Ganesa Maba berjalan sukses dan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA :  Koprodi S2 Pariwisata dan Bappenas Tandatangani Kontrak Splite-Site Master Program UNUD dengan Griffith University Australia

Dekan FH Unmas Denpasar, Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengajak seluruh mahasiswa yang telah sah menjadi bagian keluarga besar FH Unmas Denpasar agar lebih berpikir secara rasional. Menurutnya, perbedaan status dari siswa menjadi mahasiswa haruslah dibarengi dengan pemantasan sikap dan pola pikir.

“Begitu anda menjadi seorang mahasiswa, mau tidak mau, bisa tidak bisa, harus mengubah cara berpikir,” katanya kepada peserta Ganesa Maba melalui daring dan luring, Sabtu (4/9/2021).

Namanya maha itu adalah besar, agung, dan bijak. Dikatakan lebih lanjut, bahwa seorang mahasiswa itu adalah siswa-siswa yang agung dan luar biasa.

“Jadi dalam setiap tindakan, maupun ucapan, anda terlebih dahulu mulai berpikir dan juga menganalisa. Dari segi mental, anda juga harus lebih kuat,” terang Lanang Perbawa sembari mengingatkan.

BACA JUGA :  Kembangkan Potensi Desa, Kades Sumberklampok Apresiasi Seminar Bakti Desa V UNUD

“Nah, emosi-emosi inilah yang nantinya bisa anda asah di kampus melalui wadah UKM maupun Senat Mahasiswa,” lanjutnya.

Lanang Perbawa melanjutkan, “Kalian para mahasiswa baru patut berbangga diri telah sah bergabung ke dalam keluarga besar FH Unmas Denpasar, suatu Fakultas Hukum yang Program Studinya ter-akreditasi A dan juga telah memiliki Program Magister Hukum (S2), Program Magister Kenotariatan dan Program Doktor Ilmu Hukum bekerjasama dengan FH Untar,” pungkas lelaki berkharisma, mantan Ketua KPU Bali dan Komisaris BPD Bali itu.

Sementara, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ida Bagus Subawa, A.Ma.Par., S.Ag., S.H., M.Kn., sepakat dengan apa yang disampaikan Dekan FH Unmas Denpasar. Pihaknya juga turut berbangga kepada seluruh mahasiswa baru yang pada hari ini telah resmi menjadi Mahasiswa FH Unmas Denpasar.

Dalam pemaparan materinya saat acara Ganesa Maba 2021, dijelaskan bahwa FH Unmas Denpasar berkomitmen mewadahi dan memfasilitasi pengembangan minat dan bakat serta kreatifitas para mahasiswanya baik di bidang akademik maupun non akademik.

BACA JUGA :  HM Mesin FT UNUD Selenggarakan Pelatihan Keteknikmesinan X Mechanical Day

Disebutkannya, ada beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dihadapi dan difasilitasi selain organisasi kemahasiswaan Senat Mahasiswa BEM dan BPM pada FH Unmas Denpasar antara lain :
1. UKM Debat Ilmiah Hukum;
2. UKM Jurnal Ilmiah Hukum;
3. UKM Mood Court (Peradilan Semu);
4. UKM Pecinta Alam;
5. UKM Bela Diri;
6. UKM Futsal;
7. UKM Seni;
8. UKM Jurnalistik.

Program Percepatan Raih Gelar S2 “Fast Track”

Tidak hanya sebatas UKM saja yang ditawarkan kepada para mahasiswa FH Umas Denpasar, ada juga program percepatan dalam meraih gelar S2 melalui program Fakultas Hukum yang dinamakan “Fast Track”.

Apa itu Program Fast Track?

Dr. Ida Bagus Subawa mengatakan, fast track adalah salah satu program unggulan terbaru dari FH Unmas Denpasar dan mungkin bisa dibilang program pertama Fakultas Hukum yang ada di Bali.

“Jadi mungkin program ini belum ada di tempat lainnya,” tegasnya.

BACA JUGA :  Unit Skill Lab FK UNUD Tingkatkan Kemampuan Penguji dan Pelatih Pasien Standar OSCE UKMPPD

Program kuliah “Fast Track” merupakan salah satu program unggulan terbaru di FH Unmas Denpasar. Dimana dalam program ini, mahasiswa angkatan 2021-2022 memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk meraih 2 gelar sekaligus yaitu gelar S1 dan S2 (S.H. dan M.H.)

“Bagaimana tidak? Mereka mahasiswa baru di angkatan 2021-2022 ini hanya mendaftar S1 di awal pendaftaran namun bisa lulus langsung dengan menyandang predikat Magister atau S2”.

“Bisa dibilang angkatan ini sangat beruntung sekali,” ujarnya.

“Berdasarkan aspirasi beberapa stake holder sehubungan dengan Program Fast Track, kami membuka kembali kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia untuk segera bergabung di FH Unmas Denpasar khususnya bagi yang berminat untuk mengikuti Program Fast Track hingga batas waktu yang telah ditentukan,” ajaknya.

BACA JUGA :  Prodi Sarjana Manajemen UNUD Laksanakan Pelatihan Management Joint Lectures "Sustainable Investment"

“Mari kita terbang tinggi menggapai pintu gerbang kesuksesan bersama Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar,” tutup Dr. Ida Bagus Subawa, pejabat muda enerjik dan inovatif di FH Unmas Denpasar yang akrab dipanggil “Gusde SBW”.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Wakil Dekan II Bidang Keuangan dan Sumberdaya Ni Komang Sutrisni, S.H., M.H., mengucapkan selamat bergabung dalam Keluarga Besar FH Unmas Denpasar kepada seluruh Mahasiswa Baru peserta Ganesa Maba 2021 FH Unmas Denpasar.

Sutrisni menjelaskan mengenai teknis administrasi dan keuangan kepada peserta Ganesa Maba 2021 khususnya selama mengikuti perkuliahan di FH Unmas Denpasar.

Salah satu indikasi kesuksesan orang-orang besar antara lain mampu memanage kedisiplinan dan tertib administrasi, pungkas pejabat cantik dan murah senyum itu.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua Program Studi Ilmu Hukum, I Wayan Agus Vijayantera, S.H., M.H., yang memaparkan, mulai dari jadwal perkuliahan, jenis mata kuliah yang ditawarkan, dan hal ihwal teknis pelaksanaan perkuliahan pada Program Studi Ilmu Hukum FH Unmas Denpasar.

BACA JUGA :  FEB UNUD Jajaki Kerja Sama dengan FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kaprodi Ilmu Hukum FH Unmas Denpasar juga mengucapkan selamat bergabung ke dalam keluarga besar FH Unmas Denpasar kepada seluruh peserta Ganesa Maba FH Unmas 2021.

Senat Mahasiswa BEM dan BPM FH Unmas Denpasar

Ketua BEM FH Unmas Denpasar, I Gede Feri Kardiana, saat memberikan sambutan dalam acara pengenalan kampus Ganesa Maba 2021 mengajak kepada seluruh mahasiswa angkatan 2021-2022 yang baru saja sah menjadi mahasiswa FH Unmas Denpasar untuk menjadi bagian Senat Mahasiswa BEM dan BPM FH Unmas Denpasar.

Kuya panggilan akrab kesehariannya menyatakan, dengan menjadi bagian Senat Mahasiswa, nantinya akan banyak manfaat yang didapat.

Kita bisa mendapatkan banyak sekali hal positif dan luar biasa dengan bergabung menjadi Anggota Senat Mahasiswa FH Unmas Denpasar, baik secara akademik maupun non akademik, kita juga bisa lebih kenal dekat dengan para dosen.

“Sehingga dengan lebih banyak di kenal para dosen, paling tidak kita bisa enak dan nyaman konsultasi terkait perkuliahan,” katanya sembari tersenyum.

Kuya juga berpesan, bahwasannya kita sebagai mahasiswa dan juga sebagai generasi muda jangan patah semangat.

“Dan teruslah belajar dan belajar jangan pernah menyesal jika kamu gagal, tapi menyesallah ketika tidak mencobanya. Karena dengan mencoba, kita bisa mendapatkan pengalaman. Yang mana dalam hidup guru terbaik adalah pengalaman,” ungkapnya dengan semangat bergelora khas mahasiswa.

BACA JUGA :  Mahasiswi FIB UNUD Raih Medali Emas dan Juara III pada Kompetisi Nasional

“Hari ini, Sabtu 4 September 2021 saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan Senat Mahasiswa BEM dan BPM FH Unmas Denpasar beserta Panitia yang telah menyukseskan acara Ganesa Maba 2021 dan sekaligus mengucapkan selamat bergabung kepada adik-adik mahasiswa baru,” tandas Kuya.

Ni Kadek Dea Ayu Febri, Mahasiswa Semester 3 FH Unmas Denpasar dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Ganesa Maba FH Unmas Denpasar mengatakan, kampus sebagai media pendidikan bagi mahasiswa memiliki peran yang penting untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan, serta menjadi tempat untuk membentuk karakter mahasiswa yang berpendidikan, bermoral, beretika, dan bertanggung jawab sejalan dengan nilai-nilai bangsa dan Pancasila.

Ketua Panitia Ganesa Maba 2021 FH Unmas Denpasar, Ni Kadek Dea Ayu Febri. (Foto: ist)

Oleh karenanya, melalui pengenalan kehidupan kemahasiswaan dalam Ganesa Maba kali ini, pihaknya sebagai panitia ingin agar para mahasiswa baru mengetahui isi keseluruhan kampus yang akan menjadi rumah kedua setelah keluarga.

“Dan juga bisa dijadikan cermin nyata dari wajah kampus itu sendiri,” terang Dea.

Disampaikannya juga, bahwa nama kegiatan kali ini adalah “Gema Acara Penerimaan Eksekutif Muda Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar 2021” dan mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa baru Fakultas Hukum UNMAS Denpasar yang kreatif dan peduli antar sesama menuju generasi kritis yang bermoral di masa pandemi Covid-19”.

BACA JUGA :  Perkuat Kerja Sama di Bidang Arsitektur, UNUD Tanda Tangani MoU dengan Berbagai Universitas di China

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 200 peserta Maba secara hybrid baik daring dan luring, juga dihadiri Wakil Dekan II, Kaprodi S1, Kaprodi S2 dan para Dosen dan Pegawai FH Unmas Dps.

“Besar Harapan kami dalam kegiatan ini untuk menjadi langkah awal bagi mahasiswa-mahasiswi baru agar dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan FH Unmas Denpasar yang kami cintai ini, serta menciptakan suasana keakraban pada mahasiswa baru nantinya,” tutup Dea mengakhiri laporannya. (igp/r)

Related Posts