January 24, 2022
PENDIDIKAN

Tayang Perdana, Gubernur Bali dan Mantan Mendikbud Acungi Jempol Film Animasi “Panji Semirang”

Film ini dipersembahkan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap program Pemerintah Provinsi Bali guna meningkatkan peran serta satuan pendidikan untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di industri kreatif khususnya dalam dunia digital agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Gubernur Bali Wayan Koster merasa bangga sekaligus memberi apresiasi kepada SMKTI Bali Global Denpasar yang mampu membuat karya kreatif berupa film animasi berbasis kearifan lokal berjudul “Panji Semirang, Memory of the World (MoW)”. Gubernur bersama Wakil Gubernur Cok Ace berkesempatan menyaksikan secara langsung penayangan perdana film tersebut di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Selasa (30/11/2021) malam.

Gubernur Koster dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah saatnya Bali mengembangkan karya-karya kreatif dan digital secara terarah dan terencana dengan konseptual berbasis kearifan lokal Bali.

BACA JUGA :  Kapolri Dianugerahi Wing Kehormatan Penerbang dan Brevet Kapal Selam Hiu Kencana

“Sejatinya, ciri manusia Bali adalah unggul, ulet, kreatif dan inovatif yang di Bali disebut Undagi (kreator). Kelebihan ini perlu diimbangi dengan penerapan digitalisasi, seperti halnya pembuatan animasi ini. Nah, ke depan ini bisa dikembangkan menjadi kekuatan dan sumber ekonomi baru,” ujar Gubernur Koster.

Ditambahkannya, dalam konsep ekonomi kreatif Bali ke depan, pihaknya akan mengumpulkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif dan digital, lalu dijadikan satu komunitas. Hal ini sangat penting karena semua sektor mengarah ke digitalisasi.

BACA JUGA :  1,5 Tahun Transformasi Jadi Institut, ITB STIKOM Bali Raih Peringkat Cukup Bergengsi Tingkat Nasional

Apresiasi dan ucapan selamat juga disampaikan Promotor Budaya Panji, Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro. Menurutnya, SMKTI Bali Global Denpasar benar-benar telah menerapkan pembelajaran “Link and Match” yang dicetuskan sejak tahun 1993, yaitu keterkaitan antara sekolah dengan dunia usaha dan industri.

“Masa depan dunia akan dikuasai oleh digital. Kita harus siap, maka apa yang diajarkan oleh guru di sekolah nantinya harus bisa diterapkan oleh siswa di dunia kerja. Seperti karya animasi ini banyak digunakan di dunia iklan dan komik, peluang ini harus kita ambil,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI periode1993-1998 ini.

BACA JUGA :  Rakor KUI UNUD dan F-Par Bahas Kerja Sama dengan Nanchang University dan Tongmyong University

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti, Prof. Made Bandem menyampaikan peluncuran film animasi Panji Semirang ini merupakan respon terhadap dikukuhkannya naskah cerita Panji sebagai MoW pada tahun 2017 oleh UNESCO yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro.

“Maka dari itu, Indonesia memiliki kewajiban untuk menyosialisasikan naskah cerita Panji kepada masyarakat secara luas. Untuk itulah kami garap film animasi Panji Semirang ini,” jelas Bandem.

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan melaporkan film Panji Semirang ini digarap oleh guru dan siswa sebanyak 12 orang selama 8 bulan di bawah pengawasan Kepala SMKTI Bali Global Denpasar, IGM Murdjana, M.Pd. Film ini juga secara khusus menjadi kado istimewa HUT ke-15 SMKTI Bali Global Denpasar.

Penyerahan Film Animasi MoW Panji Semirang oleh Gubernur Bali, Wayan Koster kepada Promotor Budaya Panji, Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro. (Foto: ist)

“Pembuatan film animasi ini diharapkan menjadi trigger (pemicu) bagi masyarakat Bali untuk meramaikan dunia film animasi yang terus berkembang,” sebut Dadang.

Pada kesempatan ini pula dilaksanakan Penandatanganan Prasasti Tayang Perdana Film Animasi MoW Panji Semirang serta Peresmian Studio Animasi dan Podcast SMK TI Bali Global Denpasar oleh Gubernur Bali. Dilanjutkan penyerahan Film Animasi MoW Panji Semirang kepada Promotor Budaya Panji, serta perwakilan Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Ristek dan UNESCO di Indonesia. (igp)

Related Posts