July 18, 2024
PENDIDIKAN

Tingkatkan Awareness Kesehatan Mental, LSPR Bali dan Jegeg Bagus Samarthya 2024 Gelar Mini-Fest: Mindful Day

LITERASIPOST.COM – DENPASAR | London School of Public Relations (LSPR) Bali bersama Jegeg Bagus Samarthya 2024 menggelar Mini-Fest: Mindful Day yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesehatan mental di kalangan masyarakat. Acara ini berlangsung pada 29 Juni 2024 di Kampus LSPR Bali, Denpasar, dengan berbagai kegiatan menarik yang dirancang untuk memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan mental peserta.

Acara ini adalah salah satu kegiatan mahasiswa/i LSPR Bali dalam rangka mengabdi pada pengembangan masyarakat (community development) di Desa Sumerta Kelod. Dibuka dengan peresmian Ambassador Jegeg Bagus Samarthya 2024, sebuah program penghargaan yang mengakui pemuda-pemudi Bali yang berprestasi dan berkontribusi dalam mempromosikan kesehatan mental di Desa Sumerta Kelod. Ambassador Jegeg Bagus Samarthya akan menjadi ikon yang menyebarkan pesan pentingnya menjaga kesehatan mental di berbagai lapisan masyarakat di tahun 2024.

BACA JUGA :  Tim Asesor BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Prodi Magister Akuntansi FEB UNUD

Sesi selanjutnya adalah Workshop Kesehatan Mental yang dipandu oleh para ahli dari DP3AP2KB Kota Denpasar. Workshop ini memberikan wawasan mendalam serta teknik-teknik praktis untuk mengelola stres, kecemasan, dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Melalui workshop ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan yang aplikatif untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna menjaga kesehatan mental mereka.

Setelah workshop, peserta menikmati berbagai aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan, termasuk menonton film Inside Out, sebuah film animasi yang mengisahkan perjalanan emosional seorang anak dan bagaimana ia mengelola perasaannya. Film ini dipilih karena mampu menggambarkan kompleksitas emosi manusia dengan cara yang mudah dipahami oleh berbagai usia. Dilanjutkan sesi diskusi interaktif tentang kesehatan mental dan film Inside Out. Diskusi ini dipandu oleh para ahli kesehatan mental dan psikolog dari Pradnyagama, yang akan memberikan wawasan lebih dalam tentang pentingnya memahami dan mengelola emosi.

Selain diskusi, psikolog dari Pradnyagama juga menawarkan sesi konseling singkat yang bertujuan membantu peserta menyusun rencana kesehatan mental pribadi. Sesi ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan konsultasi langsung dan solusi praktis dari para profesional, membantu mereka merancang strategi yang efektif untuk menjaga kesehatan mental.

BACA JUGA :  Kuliah Umum Prodi Sastra Inggris FIB UNUD Hadirkan Dosen Sultan Idris Education University Malaysia

Di samping pemutaran film bersama, peserta diajak untuk menulis letter for future me atau sebuah aktivitas reflektif dimana mereka menuliskan surat yang kemudian akan dikirim kembali ke mereka di masa depan. Aktivitas ini dirancang untuk membantu peserta menyusun visi positif, menanamkan sikap optimis, dan menciptakan sebuah komitmen pribadi untuk menjaga kesehatan mental mereka. Selain itu, peserta juga membuat gelang positive affirmation yang dapat menjadi pengingat sehari-hari tentang pentingnya menjaga pikiran positif dan kesejahteraan mental.

London School of Public Relations (LSPR) Bali, sebagai institusi pendidikan tinggi yang berfokus pada komunikasi, hubungan masyarakat, dan manajemen, terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program dan acara.

Dengan menggelar Mini-Fest: Mindful Day, LSPR Bali bersama Desa Sumerta Kelod berharap dapat menciptakan sebuah masyarakat yang lebih peduli dan sehat secara mental. (IGP/r)

Related Posts