July 28, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

TP PKK Kota Denpasar Terima Tanaman Obat dari PPIDS UNUD dan PT Indonesia Power

LiterasiPost.com, Denpasar –
Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menerima bantuan tanaman obat-obatan dari Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Udayana Denpasar dan PT Indonesia Power bertempat di Kebun PPT Lumintang, Kamis (25/3/2021). Bantuan tersebut diterima oleh Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara didampingi Wakil Ketua Ayu Kristin Wibawa.

Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terimakasih kepada PPIDS UNUD dan PT Indonesia Power atas bantuan tanaman obat yang diberikan. Menurutnya, PKK Kota Denpasar akan membuat taman Hatinya PKK. Dimana di taman tersebut akan ada berbagai macam tanaman obat, sayur-sayuran dan budidaya ikan lele.

BACA JUGA :  TNI Kerahkan 21 KRI Cari Kapal Selam Nanggala-402

“Sehingga bantuan tanaman obat yang diberikan PPIDS UNUD dan PT Indonesia Power sangat membantu sekali untuk melengkapi tanaman di taman Hatinya PKK,” ujar Sagung Antari.

Lebih lanjut Sagung Antari mengatakan tanaman obat-obatan yang diberikan akan dibudidayakan di taman Hatinya PKK. Hal itu dilakukan supaya tanaman obat tersebut dapat berkembang dan selanjutnya akan diberikan kepada keluarga miskin yang mendapatkan bantuan bedah rumah.

BACA JUGA :  Entil, Makanan Khas Nyepi di Wongaya Gede

Mengingat PKK Kota Denpasar bersinergi dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Denpasar dalam membantu mensejahterakan masyarakat Kota Denpasar.

“Selain mendapatkan bantuan bedah rumah kami dari PKK juga memberikan bantuan tanaman, sehingga mereka juga bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan bercocok tanam, secara tidak langsung hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

BACA JUGA :  Per 1 Maret, STPBI Batasi Penggunaan Botol Plastik

Sementara itu Ahli Muda Lingkungan PT Indonesia Power, Dewa Gede Purnata mengatakan tanaman obat yang diberikan ada berbagai macam seperti daun sirih, dlingo, bongot merah, kumis kucing, lemon mint, jahe merah, sirih merah, gempur batu, lavender, bangle, geranium, arugula, jinten, lidah buaya dan lain-lain.

Bantuan ini merupakan program rutin dari PT Indonesia Power untuk penghijauan seluruh wilayah sehingga bantuan tanaman yang diutamakan adalah sesuai dengan permintaan pemerintah daerah. Pihaknya pun telah menjalin kerja sama yang baik dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar.

BACA JUGA :  Yes! Denpasar Alokasikan 3 Miliar untuk BLT Kelurahan, Desa Gunakan BLT Dana Desa

“Karena PKK minta bantuan tanaman obat, maka kami memberikan tanaman obat-obatan yang berjumlah 152 tanaman,” ungkapnya

Tanaman ini sangat berguna untuk pengobatan, sehingga dengan budidaya diharapkan tanaman obat ini tidak langka lagi. Selain pemerintah, pihaknya juga mengharapkan masyarakat ikut membudidayakan berbagai tanaman obat dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

BACA JUGA :  PLN Bali Bersama Komunitas Pamerkan Kreasi Motor Listrik, Ketua MPR Bamsoet Terkesan

Sekretaris PPIDS UNUD, Tati Budi Kosmiyarti mengaku siap membantu PKK Kota Denpasar terkait cara membudidayakan berbagai tanaman yang ada di taman Hatinya PKK. Selain itu pihaknya juga siap menjadi konsultan. Hal itu harus dilakukan karena pihaknya telah menjalin kerja sama yang baik sejak lama dengan Pemerintah Kota Denpasar. (igp/r)

Related Posts