August 1, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Dukung Pengendalian Penyebaran Covid dengan Fitur SwaCam di New PLN Mobile

LiterasiPost.com, Denpasar –
Jumlah pengguna aplikasi New PLN Mobile di Bali yang telah diluncurkan Desember 2020 lalu kian bertambah. Hal ini juga diikuti makin banyaknya pengguna yang telah memanfaatkan fitur SwaCam untuk melaporkan angka stand meter secara mandiri.

Fitur SwaCam merupakan salah satu fitur pada aplikasi New PLN Mobile yang ditujukan untuk memudahkan pengguna melakukan pengiriman hasil penggunaan listrik selama sebulan secara mandiri. Pelanggan tidak perlu lagi melakukan kontak dengan petugas catat meter yang biasanya setiap bulan mendatangi rumah pelanggan untuk melakukan baca meter.

BACA JUGA :  Bertahap, RS Bhayangkara Denpasar Gelar Vaksinasi Covid-19

“Pandemi belumlah usai, bahkan saat ini varian baru Covid-19 mulai merambah, untuk itu pengetatan protokol kesehatan sangatlah diperlukan. Maka dari itu kami mengajak masyarakat pelanggan PLN untuk melakukan pelaporan baca rekening listrik secara mandiri melalui aplikasi New PLN Mobile sehingga terhindar dari kontak dengan petugas,” kata Manager Komunikasi PT PLN (Persero) UID Bali, I Made Arya, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan, penggunaan fitur SwaCAM membuat pencatatan meter listrik lebih praktis, karena pelanggan tidak perlu menunggu petugas datang ke rumah setiap bulannya. Selain itu terdapat juga fitur Estimasi tagihan melalui Swacam, fitur ini akan memberikan estimasi nilai tagihan listriknya.

BACA JUGA :  Gek Kanya Luncurkan Mini Album "Kejar Mimpimu"

“Fitur ini membuat proses penagihan listrik menjadi semakin transparan, karena pelanggan sendiri yang melaporkan pemakaian listrik secara mandiri,” jelasnya.

Arya menjelaskan masing-masing pelanggan dapat mengunggah foto yang menunjukkan angka pada meteran listrik setiap tanggal 24-27 setiap bulannya.

“Nanti di tanggal 1 bulan berikutnya akan muncul tagihan listrik berdasarkan angka meter yang telah dilaporkan pelanggan,” ungkap Arya.

BACA JUGA :  Infrastruktur Siap, PLN Ajak Masyarakat Bali Gunakan Kendaraan Listrik

Saat ini sudah banyak pelanggan yang melakukan pelaporan melalui fitur ini. Tercatat sebanyak 1.234 pengguna PLN Mobile di Bali telah melakukan pelaporan melalui SwaCam.

“Kami berharap pelanggan benar-benar dapat memanfaatkan fitur ini, khususnya daerah-daerah di zona merah, tentunya untuk mengendalikan angka kasus penularan Covid -19,” pungkas Arya. (igp/r)

Related Posts