November 30, 2022
PENDIDIKAN

Ujian Sekolah Usai, SMKN 3 Denpasar Siapkan UK

LiterasiPost.com, Denpasar –
Tahun ini Kementerian Pendidikan telah mengeluarkan keputusan bahwa Ujian Nasional jenjang SMA/SMK ditiadakan akibat masih merebaknya pandemi Covid-19. Sebagai penggantinya masing-masing satuan pendidikan bisa mengadakan ujian sekolah.

Seperti halnya SMK Negeri 3 Denpasar juga menyelenggarakan ujian sekolah dalam dua model, yaitu teori dan praktek.

BACA JUGA :  FIB UNUD Selenggarakan Sinkronisasi Hasil Penelitian

“Ujian teori secara daring sudah kami laksanakan pada 16-19 Maret 2021 lalu. Secara umum berjalan lancar, meski ada siswa harus menjalani ujian susulan akibat kendala teknis berupa gangguan jaringan/sinyal,” ujar Kepala SMKN 3 Denpasar, Drs. AA Bagus Wijaya Putra, MPd saat ditemui Senin (22/3/2021).

Dikatakannya, ujian susulan berlangsung pada Senin (22/3/2021) diikuti oleh 10 siswa dari total 542 siswa yang menjadi peserta ujian.

BACA JUGA :  Luncurkan GoClub, Gojek Jadikan Pelanggan Bagai "Anak Sultan"

Ujian sekolah mengujikan seluruh mata pelajaran dari kelas 10 hingga berakhir kelas 12, termasuk teori dari praktek.

Sedangkan ujian praktek, yakni uji kompetensi (UK) berdasarkan LSP P1 akan dilaksanakan pada 1-9 April 2021. Ujian secara tatap muka tersebut disiapkan dengan penerapan prokes, dimana dalam satu hari hanya diikuti 10 peserta.

“Sejauh ini persiapannya sudah matang, TUK (tempat uji kompetensi) sudah kami siapkan, kami ada banyak lab, begitu juga para asesor dan bahan prakteknya,” jelas Bagus Wijaya.

BACA JUGA :  Geliatkan Night Club Area Legian, Soley Bar Persembahkan "Back to Trance"

Ditambahkannya, syarat kelulusan siswa ditentukan oleh tiga parameter, yaitu nilai semester I – VI harus tuntas, berkepribadian baik, serta mengikuti ujian sekolah.

Untuk diketahui, sekolah yang berlokasi di daerah Sanur-Denpasar ini memiliki empat kompetensi keahlian, yakni Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, serta Tata Busana. (igp)

Related Posts